Kenapa Harus Bangun Pagi?

Sedari dulu, aku selalu merindukan pagiku yang indah. Cerah. Secerah mentari pagi yang tak pernah jenuh menyapaku dan membangunkanku dalam mimpi panjang. Entah hingga kini, hatiku masih berkecambuk. Jiwaku membludak. Ragaku pegal. Berusaha dan berperang dengan keras melawan rasa malas bangun pagi. Padahal aku sudah tahu manfaat yang akan aku dapatkan ketika bisa menjaga konsistensi bangun pagi dan melakukan aktivitas positif. #kokmalahcurhat -_-

***

Menyambut Sang Mentari
Menyambut Sang Mentari

Sekali lagi, aku mencoba membagikan pengetahuan tentang manfaat yang akan anda dapatkan ketika anda mampu bangun pagi dengan teratur.

  1. Hidup lebih bersemangat

Pagi selalu memberikan sisi yang teduh. Sisi hangat yang menghapus dingin kemalasan. Tidur dibalik selimut saat malam yang dingin identik dengan kemalasan. Dan tatkala selimut kau lempar, lantas duduk diatas ranjang, seraya berdoa, berharap aktivitas sehari nanti lancar sembari meminum air putih, saat itulah rangsangan semangat menggugah tubuhmu.

  1. Merasa lebih lama menikmati hari

Kalau bicara waktu. Meskipun waktu kita, waktu manusia di bumi sama yaitu sehari 24 jam. Kau akan temukan hidup yang lebih panjang. Bukan panjang dalam kenyataan. Hanya perasaan saja. Karena perasaan kita tatkala kita bangun pada saat orang lain masih tertidur pulas. Karena kita merasa bahwa kita beraktivitas dahulu sebelum orang memulai aktivitasnya itu. Dan perasaan itu benar adanya. Merasa hidup lebih positif.

  1. Lebih produktif

Lebih produktif. Ya. Waktu sepertiga malam terakhir adalah waktu yang paling utama untuk melakukan aktivitas positif. Bermunajat berdo’a dan beribadah pada saat saat itu dapat meningkatkan kekhusukan. Ibadah pun semakin mudah diterima. Begitu pula belajar dan bekerja pada saat itu. Pekerjaan akan cepat selesai karena bebas gangguan.

  1. Pikiran segar

Sehabis mandi di pagi hari. Kemudian keluar rumah menghirup udara segar. Sungguh merupakan aktivitas yang membuat pikiran jernih. Ditambah lagi sedikit peregangan otot dan pemanasan olah raga kecil. Tubuh dan otak menjadi segar kembali.

  1. Tubuh fit

Tubuh menjadi lebih bugar. Pasalnnya tidur terlalu lama terlebih setelah shubuh bukan malah membuat tubuh menjadi bugar malah membuat pegal di tubuh. Seperti sakit didaerah sendi dan punggung. Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi terbukti ampuh membuat tubuh lebih fit.

  1. Tugas yang tertunda dapat terselsaikan

Tugas yang tak sempat dikerjakan sebelum tidur dapat pula dengan mudah terselsaikan di pagi hari. Tugas yang awalnya buntu, tak mendapatkan jalan keluar, ketika dikerjakan pagi hari maka tugas menjadi lebih mudah. Apa penyebabnya? Otak kita ketika malam hari sudah lelah dan capek setelah bekerja seharian. Wajar tugas atau pekerjaan sulit mendapat solusi. Malah semakin tertekan dan stress jika dipaksakan. Mending tidur dahulu kemudian kerjakan lagi dipagi hari.

  1. Ada waktu untuk merencanakan hari

Space antara waktu setelah shubuh dan waktu kerja adalah waktu yang amat sangat berharga. Waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk merencanakan sehari kedepan. Waktu kita akan lebih mudah diatur. Dan kita tak akan sampai menyimpang pada hal-hal yang kurang bermanfaat pada hari tersebut.

  1. Tenang menjalani aktivitas seharian

Tenang. Karena apa? Sudah siap menjalani hari. Ya benar. Pagi hari cocok untuk mempersiapkan apa yang dibutuhkan dalam sehari nanti. Kalau sudah siap ngapain terburu buru? Tidak akan membuat jadwal kacau balau akibat aktivitas yang mendadak penting datang.

  1. Equilibrium state

Titik keseimbangan hidup. Inilah yang paling dicari cari. Ketika hidupmu sudah dalam titik seimbang. Artinya teratur. Teratur dalam hal baik. siapa yang tidak mengimpikannya? Tentu tak ada. Ketika kita mampu istiqomah dalam kebaikan. Rasanya hidup sudah ada jadwalnya. Tak ada waktu untuk melakukan hal yang useless dan tak bermanfaat. Bahkan kamu bangunpun tak lagi perlu alarm lagi, otakmu telah teratur sedemikian rupa hingga mampu membangunkanmu pada jam dan menit yang sama setiap harinya.

Wih ternyata banyak sekali ya manfaat bangun pagi dan menjaga konsistensinya. Semoga bermanfaat dan kita terhindar dari kemalasan bangun pagi. Being better life everyday!

Advertisements

One thought on “Kenapa Harus Bangun Pagi?

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s