Monumen Perjuangan POLRI Tumpeng Lumajang

DSCN0682

Berkeliling keliling kota Lumajang tak hanya indah alamnya, terdapat pula catatan sejarah yang mengingatkan perjuangan besar pejuang bangsa demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Lumajang juga bagian dari Indonesia. Kala itu Lumajang juga sedang merayakan Kemerdekaan, namun pihak Belanda sebagai bangsa penjajah tentu tidak terima begitu saja negara jajahannya merdeka. Mereka masih ingin menjajah.

Sehingga pasca proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, kerusuhan terjadi dimana mana. Pihak Belanda terus menyerang Indonesia untuk memecah belah lagi. Begitu pula di Lumajang. Di Desa Tumpeng tepatnya, pada tanggal 13 Oktober 1947, terjadi pertempuran antara pasukan Mob – Brig Polri yang dipimpin AP 1 Djama’ari melawan pasukan belanda dalam jumlah yang lebih besar dan dengan senjata yang lengkap.

Pasukan musuh banyak yang berguguran sedangkan di kubu Polri terdapat 18 meninggal sebagai kusuma bangsa pahlawan kemerdekaan.

Monumnen tersebut diresmikan pada tanggal 13 Oktober 1956, oleh kepala Polisi Jawa Timur Komisaris Besar Polisi R. Soekarno Djojonagoro. Dan dilakukan pemugaran oleh yayasan Panjura dan diresmikan pada tanggal 14 Juli 1985 oleh Kapolda Jatim Dra Wik Djatmika,S.H Mayor Jenderal Polisi.

DSCN0688
Ayat Suci Al-qur’an yang tertera disana. Selalu menggetarkan hati, terkadang ingin meneteskan air mata. Bahwa mati syahid adalah cita cita.
DSCN0690
Pemugaran
DSCN0689
Nama pahlawan yang gugur
DSCN0687
Cerita dibalik tugu
DSCN0686
Peresmian
DSCN0695
Sajak yang pas untuk para pejuang bangsa, Semoga kalian para pejuang, senantiasa diterima disisi Allah SWT.
Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s