[Hot] Hampir Semuanya Terbalik

Ada suatu masa dimana keyakinan tinggallah dalam pikiran saja. Keimanan tak berbekas pada perbuatan. Lidahnya fasih tetapi hatinya lalai. Dan banyak yang beragama tetapi tidak berakhlak. Cuplikan Ali Bin Abi Tholib.

Sudah terlihat satu persatu di jaman akhir seperti sekarang. Dimana memang sangat banyak umat beragama tetapi tidak mencerminkan ajaran agamanya. Lalai. Lebih mementingkan dunia. Apapun dilakukan demi uang. Semua pesaing diberantas, disikut, dibunuh demi mempertahankan jabatan. Apapun dijual untuk menjadikan diri sebagai penguasa. Tak peduli kawan, semua dibabat habis.

Semuanya serba terbalik. Tak begitu lama dari pemberitaan di media tentang pencabulan dan penganiayaan murid SD oleh gurunya sendiri, sekarang malah ada pemerasan, pencabulan, dan pemerkosaan santri putri sebuah pondok pesantren di Pasuruan. Haduh, betapa sudah edan dunia ini. Pengasuh pondok sendiri tega memperkosa santri putrinya. Pengasuh pondok kan harusnya memberi ilmu agama, contoh, teladan yang baik bagi muridnya. Malah berbuat sangat keji. Naudzubillah. Tak tahu diri. Tak punya hati. Tak mau satu. Lima sekaligus. Modus ancaman diberikan seperti biasa untuk menutupi tindakan hina tersebut. Santri diancam akan sengsara kalau melapor.

Lantas pertanyaannya, kemana lagi kita akan menuntut ilmu? Kemana lagi kita harus mencari ilmu? Jika pegajar sudah keparat tak punya perasaan seperti ini. Ilmunya hanya sebatas banyak diotak, hanya dalam pikiran. Benar otak mereka encer, jenius, ahli ilmu, tetapi sebatas bayangan saja. Tak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sama halnya dengan koruptor, yang ilmunya sebatas ilmu tetapi tabiatnya bejat. Budi pekerti nol. Rasa kemanusiaan nol. Egois seratus persen. Penipu! Pembual! Tikus berdasi.

Mungkin pula kita sebagai orang yang penimba ilmu dan akan menitipkan buah hati kepada orang lain untuk kebutuhan pendidikan, diharuskan lebih waspada memilih orang dan lembaga pendidikan yang dituju. Harus survei lebih dalam. Pastikan pengajar adalah orang yang berilmu dan baik akhlaknya. Lingkungan yang cocok untuk kegiatan belajar. Lingkungan yang senantiasa memotivasi diri agar selalu belajar.

Dan bukan hanya itu. Ada yang sedang panas juga. Kasus di makassar. Tepatnya di salah satu perguruan tinggi negeri yang terpandang di Indonesia. Guru besar sekaligus pembantu rektor nyabu bersama mahasiswi nya di kamar hotel. Ini sudah lebih dari gila lagi. Stress akut boleh jadi. Guru besar kan orang yang gelarnya sudah mentok, tertinggi, seperti pucuk segala ilmu di civitas akademika. Sebagai orang yang diteladani, dihormati, dan dihargai segala yang dilakukan dan disampaikannya. Nyatanya sudah sinting. Ilmu yang seluas samudera kala menuntut ilmu dulu lantas dikemanakan?

Mungkin negeri ini sudah mulai lupa identitas dirinya. Pancasila sudah tak dihiraukan. Budaya ketimuran sudah ditelan buminya sendiri. Negeri ini butuh perubahan besar. Perubahan yang tak mengatasnamakan dirinya sebagai pahlawan ataupun demi pencitraan diri ataupun kelompok, hanya rasa ikhlas suka rela untuk berani memberantas pemikiran yang salah dan melakukan aksi nyata untuk masa depan yang cerah. Negeri ini butuh sosok. Butuh pendidikan tentang budi pekerti, tindak tanduk, dan akhlak yang mulia. Tidak melulu pada ilmu pengetahuan dan teknologi saja. Hasilnya akan seperti ini. Seperti saat ini.

Sumber : Jawa pos

Advertisements

5 thoughts on “[Hot] Hampir Semuanya Terbalik

    1. iya, apa kata dunia? miris lihatnya.
      ada lagi pak polisi sama pak tentara lagi ribut nggak malah sibuk memelihara keamanan, malah bikin rusuh. Rakyat jadi takut sama mereka penegak hukum sekaligus keamanan negara. huhuhu -_-

      1. hahahaa. inilah Indonesia dan masyarakatnya. ada yg indah indah tapi ada juga jelek-jeleknya. Saling melengkapi 😀 😀

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s