Pendidikan adalah Kuncinya

Baca dulu permasalahannya apa disini.

Lalu apa solusinya? Setidaknya ada dua hal yang menjadi poin penting diskusi kami tadi malam. Kita harus memberantas segala lini manusia bobrok di Indonesia. Siapa manusia bobrok itu? Manusia yang dididik dengan sistem orang bobrok. Sebagus apapun kurikulum yang diciptakan oleh pemerintahan korup akan menghasilkan generasi muda yang sama buruknnya atau bahkan lebih hancur lagi. Tentu ada yang salah disana. Maka dari itu musnahkan semua tinggalkan anak kecil yang akan meneruskan perjangan sang Founding Father negeri ini dengan mengenyam pendidikan yang ideal dan seimbang antara ilmu dunia dan akhirat, ilmu pengetahuan dengan ilmu budi pekerti. Semua harus sejalan.

Yang kedua adalah menumbuhkan kesadaran belajar. Tentu masih ingat ketika masih sekolah dulu, kita berangkat sekolah dengan terpaksa. Murid jika disuruh memilih sekolah atau bermain, jawabannya selalu ingin liburan dan bermain. Itu indikasi kuat bahwa mereka tak nyaman sekolah.

Belajar tanpa tahu manisnya ilmu pengetahuan tak akan berdampak pada diri pelajar itu sendiri. Apalagi berdampak pada sekitarnya.

Bahkan kalau ditanyakan pada murid-murid di seluruh Indonesia, untuk apa pergi sekolah? Untuk mencari ilmu agar mencapai cita-cita. Itu jawaban sangat formal sekali. Semua diantara kita pasti jawabanya seperti itu. Tapi saya tidak setuju. Buktinya masih banyak murid bertanya, ”Buat apa sih belajar pelajaran ini? Aku tak mengerti manfaatnya. Aku mempelajari hanya ikut-ikutan saja.” Bahkan di kalangan mahasiswa masih sering terdengar suara, ”Aku kuliah hanya mengisi waktu luang saja, daripada di rumah pengangguran.”

Mau menaruh beban berat masalah negeri ini pada generasi muda rasanya sangat psimis. Miris. Kalau generasi mudanya masih punya mindset demikian.

Kalau berbicara mindset, kita mau tidak mau harus berurusan dengan kesadaran. Bagaimana menumbuhkan kesadaran belajar tanpa paksaan. Itulah kuncinya. Ketika kesadaran itu ada dalam benak setiap pelajar, tanpa disuruh pun mereka akan belajar dengan sendirinya. Tanpa dipaksa. Dan akan semangat sepanjang waktu. Bahkan keteguhan hatinya akan mengantarkan dia sebagai pelajar sejati. Tak kenal patah arang. Tak kenal takut tidak dapat nilai baik. Tak akan ada kecurangan belajar karena hal itu tak mendatangkan manfaat. Mereka sadar, apa itu pendidikan? Gunanya apa? Tujuannya apa?

Ketika sudah manisnya pendidikan sudah dirasa, pelajar bermental baja akan membludak dan siap mengantarkan Indonesia lebih cemerlang oleh generasi emas yang akan segera terbentuk.

Semoga mencerahkan

Advertisements

One thought on “Pendidikan adalah Kuncinya

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s