Apa yang Anda Tunggu Ketika Nulis Blog?

Dalam dunia literasi, penulis selalu ingin tulisannya dibaca orang lain. Tidak ada penulis yang ingin tulisannya hanya menjadi pajangan dirumah dan akan musnah seiring dengan waktu. Pada umumnya penulis menunggu-nunggu kedatangan pembaca. Dia berpikir keras agar buku mereka laris, tulisannya dapat menginspirasi orang, dan bermanfaat bagi orang lain.

Saya juga demikian, meskipun hanya menulis di blog dengan platform wordpress ini, perasaan tentang keinginan tulisan dibaca orang itu pasti ada. Mana ada blogger yang ingin blognnya Cuma memenuhi domain di internet dan mati tanpa pembaca? Tidak ada. Dalam hati mereka, meskipun tulisan tersebut sangat bersifat rahasia, tetapi ketika mereka putuskan untuk ditulis itu di media publik berarti secara diam-diam tulisan tersebut dibaca orang lain. Hasrat manusia itu ya berbagi. Tanpa dicurahkan pada orang lain, kebahagiaan hanya bayang semu. Benar begitu bukan? Senang sendiri buat apa? Senang itu ya sama teman bukan? Semakin banyak teman semakin baik. Begitu?

Statistik blog terbaru :)
Statistik blog terbaru 🙂

Dan blog ini sedang memasuki masa baru, dimana sebuah keajaiban datang padanya. Pengunjung blog saya meningkat 500% dari sebelumnya. Kalau biasanya hanya 250 view dalam sehari, sekarang bisa mencapai seribuan view. Rasanya itu seperti ditimpa emas 1 kg. Senang bukan main. Terharu sekaligus ingin menangis. Mengingat pengorbanan dan perjuangan selama lebih dari setahun lalu yang mengantarkan pada suatu hari dimana blog semakin ramai pengunjung. Tulisan saya tentang ekplorasi destinasi wisata baru terbukti berhasil. Strategi penulisan akhirnya berbuah manis. Alhamdulillah ya Allah.

Gara-gara Coban Sewu
Gara-gara Coban Sewu

Saya berhipotesa bahwa salah satu cara mengetahui blog tersebut dibutuhkan orang atau tidak, ya dilihat dari statistik blognya. Semakin banyak pengunjung maka akan semakin bermanfaat pula blog. Semakin banyak orang menjadi pengunjung setia berarti semakin berkualitas pula tulisan yang dibuat. Kalau tidak berkualitas mana ada orang mau mampir untaian kata yang kita buat. Maksud tulisan tak akan sampai pada orang lain kalau tampilan kurang menarik dan tulisan kurang berbobot. Kualitas dimana-mana tetap menjadi yang utama penentu mutu sebuah produk.

Tapi kalau belum banyak pengunjung ya jangan psimis juga. Masih banyak waktu untuk berbenah. Masih banyak waktu untuk memperbaiki entah dari bidang SEO, tulisan, dan kuantitas tulisan. Yang penting tetap menulis. Kemudahan akan diberikan oleh Allah ketika hambanya sudah mau usaha dan doa dengan maksimal. Yang penting pula niat, niatnya jangan untuk cari pengunjung banyak tapi juga nilai apa yang bisa kita berikan pada pengunjung. Kalau mengajak pada yang buruk ya sama aja bohong kan? Amar Ma’ruf Nahi Mungkar, bukan begitu?

Rahmat Allah semoga tetap bersama saya dan blog ini. Semoga kebermanfaatannya tak lekang oleh waktu. Semoga pula pengunjung blog saya tidak bosan-bosan membaca tulisan saya yang masih kacau ini. Saya masih belajar, saya masih berusaha untuk lebih baik dan meningkatkan kualitas tulisan. Semoga tetap istiqomah menulis dan kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh semakin banyak orang. Aamiin.

Keep writing. Semoga tulisan yang dibagikan tercatat sebagai ilmu yang bermanfaat dan kelak menjadi amalan yang membantu kita dikubur dan di hari pembalasan kelak. Semoga dapat menghindarkan kita pada siksa. Aamiin.

Allahu Akbar

Kalau ini ceritaku, bagaimana dengan anda? Apa yang paling membuat anda senang ketika Blogging?

10 thoughts on “Apa yang Anda Tunggu Ketika Nulis Blog?

  1. Yang saya suka dari ngeblog ini, selain tulisan diberi komentar oleh pembaca juga pertemanan yang terjadi tidak hanya di dunia maya tapi di dunia nyata.
    Seperti tempo hari perjalanan saya menghadiri festival jazz aka Ngayogjazz di Jogja. Saya dibantu oleh teman blogger saya disana dari mulai di jemput dari terminal bus, diantar ke lokasi Ngayogjazz sampai dibantu mencarikan home stay tempat saya menginap semalam disana…

    Salam dari saya di Sukabumi,

    1. Yup, kalo kenal di dunia maya saja kurang greget ya, seperti masih bayang2 saja, kalo udah menjadi teman dunia nyata lebih terasa pertemanannya. Itu juga salah satu kebahagiaan blogger 🙂

  2. Saya setuju dgn mas Hafidh,kita menulis bukan semata utk mendapatkan banyak pengunjung, tetapi niatnya utk berbagi kebaikan, semangat ngeblog mas !

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

