Warung Tahu Kikil Pak Muchtar

Jajanan satu ini sangat merakyat di lidah para penikmat kuliner khas Jawa. Di Lumajang, biasanya disebut tahu kikil. Potongan tahu yang dicampur dengan sikil (baca: kaki) sapi. Kedua bahan tersebut mutlak harus ada dalam sajian tahu kikil. Bahan lain seperti tauge, sawi, krupuk, dan kuah kikil yang coklat pekat yang berasa campuran asin dan manis kecap.

Warung Tahu Kikil Pak Muchtar
Warung Tahu Kikil Pak Muchtar

Di Lumajang, terdapat warung yang menyediakan tahu kikil yang cukup melegenda yaitu Warung Tahu Kikil Pak Muchtar. Warung Pak Muchtar ini menyediakan aneka makanan, antara lain: Soto Ayam Lamongan, Gado-Gado Lamongan, dan Tahu Kikil. Disana juga disedikan berbagai macam minuman.

Menu yang ditawarkan
Menu yang ditawarkan

Kebetulan saya sedang dalam program perbaikan gizi. Maklum saya adalah mahasiswa yang ketika pulang kampung selalu ingin memanjakan perut. Saya sudah lama ingin mencicipi kikil. Di Surabaya, jarang saya menjumpai. Keseringan makan penyetan dan sego sambel yang bikin perut panas dan mules itu.

Selepas belanja berjam-jam di pusat perbelanjaan jalan utama kota Lumajang, saya tanpa basa-basi mengajukan ide untuk kuliner dulu lah sebelum pulang. Sekalian istirahat juga. Ibu saya menyarankan kikil Pak Muchtar ini.

Langsung saja capcus dah. Sampai di tempat, saya sudah tak tahan ingin segera mencicipi kelezatan kikilnya. Pelayanan sangat cepat, tak terlalu ramai waktu itu. Saya pesan tahu kikil satu dan minum jeruk hangat. Ibu saya hanya kikil saja. Tak lama berselang, hidangan pun tersaji. Let’s go!

Satu porsi tahu kikil
Satu porsi tahu kikil

Uhm, kuah kikilnya berasa sekali, tidak terlalu encer. Paduan bumbu dan kecap yang pas. Sayuran berupa tauge dan sawi terasa masih segar dan belum layu meskipun tersiram panas kuah kikil. Ada pula komposisi irisan kentang goreng yang asin. Cocok dinikmati dísela-sela tahu dan kuah. Adapun daging dan tulang rawan sapinya sangat lembut. Teksturnya mudah dikunyah. Mantab terasa lengkap dengan keping kerupuk yang lentur karena kuah kikil yang coklat pekat.

Sruput. Sesekali teh hangat menyela sendok demi sendor kikil. Rasanya sangat nikmat. Recommended pokoknya. Bintang skala 5, warung ini layak dapat bintang 4.

Monggo kunjungi langsung warungnya untuk buktikan sendiri kelezatan masakannya.

Ini pedalaman warungnya
Ini pedalaman warungnya

Informasi selengkapnya:

Warung Tahu Kikil Pak Muchtar

Jl. Kyai Ghozali 141, Lumajang

Telp. 883087

Advertisements

5 thoughts on “Warung Tahu Kikil Pak Muchtar

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s