Antara Spesifikasi Teknik dan Engineer

Sebagai seorang engineer, sudah sepantasnya yang dibaca adalah buku teknik. Harusnya sering-sering membaca spesifikasi teknik dari sebuah manufaktur atau produk keteknikan. Bukan malah membaca novel atau cerpen. – Dr. Eng. Hosta Ardhyananta, S.T., M.Sc.

Technical Specification of Polymer and Metals

Parameter Polymer Metal
Elastic Stiff
Young Modulus 7 MPa 4 GPa 48-410 GPa
UTS 100 MPa maks 4100 MPa maks
Elongasi > 1000% 100% maks

Yup sebagai mahasiswa, kita boleh saja membaca novel atau cerpen untuk selingan di waktu luang. Boleh saja mencari hiburan dan mengasah imajinasi dengan membaca buku non-fiksi.

Namun, intensitasnya jangan melebihi porsi membaca buku teknik. Sebagai calon sarjana teknik, spesifikasi / standar produk dalam sebuah perusahaan harus dikuasai. Istilahnya ’harus hafal diluar kepala’.

Kenapa menjadi penting? Ya tentu saja harus tahu parameter kualitas lah agar kita tahu bagaimana kualitas tersebut ditingkatkan. Harus tahu datanya lah agar bisa dianalisa. Harus bisa membaca simbol mesin lah agar tahu operasi mesin bekerja pada kondisi seperti apa dan bagaimana kontrol terhadapnya.

Mulailah dengan spesifikasi teknik. Meskipun kita tak cukup hanya dengan itu saja. Setidaknya kita sudah mirip dengan orang teknik dan tidak separuh hati menjadi sarjana teknik nantinya. Dan merasakan nikmatnya bekerja dengan mesin-mesin produksi.

Semoga mencerahkan.

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s