Baca-Tulis

Kalau membaca adalah belajar, menulis adalah mengajarkan

Dasar pembelajaran adalah membaca. Bacalah! Iqra’. Bacalah gejala alam, bacalah fenomena yang teratur, bacalah pengaruh sesuatu terhadap yang lain, bacalah lingkungan sekitar, bacalah ilmu pengetahuan yang telah tertulis. Bacalah dan analisislah dalam akal.

Setelah membaca, ikatlah ilmunya dengan tulisan. Menulis berarti berbagi. Menulis dalam kata-kata, menulis model matematik, menulis dalam lukisan, menulis dalam video, menulis dalam untaian lagu, dalam karya apapun yang dapat dinikmati oleh orang lain. Itulah hakikat pengajaran, tak terbatas hanya pada buku kertas dan papan tulis di kelas saja.

Baca tulis adalah dasar dari belajar mengajar. Ada yang menuntut ilmu dan si pengajar harus bisa menyampaikan ilmu kepada muridnya. Tak hanya berilmu, pengajar harus tahu cara penyampaiannya. Teknik pengajaran bisa dimodifikasi dengan pilihan yang tak terbatas.

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” [QS. Al-Mujaadilah : 11].

Ketika tahu suatu hal, sampaikan agar ilmu tersebut tak lekang oleh waktu. Ketika hanya disimpan dalam diri, berarti umur ilmu tersebut hanya seumur dengan orangnya. Kalau disalurkan pada orang lain berarti umur ilmu tersebut adalah tak terhingga, tak akan padam ditelan waktu, tak akan hilang meskipun peradaban telah tenggelam.

Semangat Membaca dan Menulis

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s