Ketika Ilmu Sulit Masuk, Malah Gampang Keluar

Pasti ada yang salah!

Entah salah dari orangnya atau salah dari prosesnya. Prosesnya bisa saja bermasalah dan ada yang salah. Cara belajar adalah sebuah subjek keilmuan yang menarik untuk dipelajari.

Pasalnya selama cara belajarnya salah, maka ilmu yang didapat akan mudah menguap. Eman kan kalau belajar ngotot tapi hasilnya tidak maksimal atau bahkan tidak masuk sama sekali.

Menurut orang proses, kalau ada produk yang gagal berarti disitulah ada proses yang bermasalah. Maka dari itu, gemarlah memeriksa proses belajar anda.

Setiap orang memiliki cara belajar sendiri-sendiri bergantung pada sensor otak yang mana yang paling responsif. Ada yang memiliki kemampuan mengingat dengan kuat, ada yang suka belajar dengan musik klasik, ada yang suka mendengarkan dosen mengajar, ada yang suka nulis apa yang dipelajari, ada yang memetakan materi, ada pula yang membaca buku sendiri dirumah. Cobalah beberapa alternatif dan sesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki. Atau kalau belum bisa konsultasikan dengan dokter psikologi untuk hasil yang lebih baik.

Eits prosesnya sudah sesuai kok, tapi ilmu kok masih sulit masuk. Langkah selanjutnya adalah mengoreksi diri. Niatnya sudah benar belum? Motivasi belajarnya apa? Hati sudah sekeras apa dalam hadapi terpaan tantangan yang silih berganti?

Kalau niat belum tertata, diri belum tergugah ya meskipun tahu cara belajar yang baik tetap saja tak akan masuk ilmunya.

Karena niat adalah penentu kadar kualitas ibadah.

Semoga mencerahkan.

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s