Malam Jum’at Malam Kebangkitan

Malam jum’at biasanya menjadi momen kebangkitan dalam diri saya. Waktu tersebut adalah titik nadir dalam hidup. Kenapa demikian, biasanya titik tolak kemalasan aktivitas akan terjadi di waktu-waktu itu.

Biasanya kalau beberapa hari sebelumnya malas melakukan kebaikan, esoknya langsung bangkit dan siap menggelegarkan dunia. Entah bahasa saya mungkin terkesan berlebihan.

Pada suatu waktu, saya sedang low motivation untuk sholat berjama’ah di mushola. Saya juga malas untuk belajar. Jangankan membaca buku, bergerak pun ogah-ogahan. Begitulah hari-hari semakin suram.

Namun, keajaiban datang. Petunjuk Allah mengilhami sanubari. Hati tergugah untuk pergi ke mushola dan melakukan pengajian malam jum’at.

Surabaya khususnya daerah Keputih kalau malam jum’at selalu ramai. Masjid dan mushola berlomba-lomba sahut-sahutan sholawat. Malam bergemuruh.

Pada hari jum’atnya, suasana makin riuh. Masjid dihujani para lelaki yang datang untuk melaksanakan kewajiban sholat jum’atnya. Jum’at selalu dinanti sebagai hari raya mingguan umat islam.

Seketika ketika turun dari masjid. Orang gugur gemuruh tumpah ke jalan.

“Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”. (Q.S. Al-jumu’ah 9-10)

Beberapa orang langsung sibuk dengan dagangan mereka.

Beberapa mahasiswa terlihat langsung masuk rumah makan untuk makan siang. Ada pula yang langsung duduk di warkop memesan es susu. Penyegar tubuh dibutuhkan ketika panas Surabaya menyengat.

Beberapa orang menyempatkan diri mengunjungi makam sanak famili yang sudah terlebih dahulu meninggalkan dunia. Mereka berbondong-bondong mendoakan agar tenang dalam kubur dan jauh dari siksa kubur. Baca juga: Kamar kostku kan juga dekat kuburan.

Begitulah suasana malam jum’atku bergulir waktu demi waktu.

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s