Sudah berapa persen internet kita manfaatkan?

Sekarang, internet bak pakaian yang kita gunakan setiap hari. Internet sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Entah itu hanya sekedar membuka notifikasi media sosial atau mencari informasi tertentu. Bahkan sekarang sedang santer dunia perdagangan online dimana kesibukannnya tak kalah dengan pasar tradicional.

Internet telah menjelma menjadi pusat kegiatan manusia. Belanja, interaksi sosial, media informasi, dan hiburan tersedia disana. Semua sangat mudah dengan adanya mesin pencari seperti google.

Nah sekarang pertanyaannya, sudah kita gunakan sejauh mana fasilitas gratis yang ditawarkan oleh internet?

Pertanyaan tersebut tiba tiba mucul dibenak saya. Kala itu saya sedang berselancar di dunia maya. Saya sedang mencari bahan untuk mengasah listening skill. Saya buka satu persatu penyedia jasa learning english macam voa learning english, bbc learning english, dan british council. Saya unduh satu per satu modul belajar yang diberikan secara Cuma-Cuma tersebut.

Sepulang dari kampus, waktu itu saya mengakses internet dari wifi gratis kampus, saya langsung merapikan folder-folder yang telah diunduh dari internet tadi. Wah banyak juga yang saya dapatkan tadi. Sekitar lima puluh audio dan belasan audio visual beserta beberapa transkripnya. Ini saya dapatkan gratis. Dan bahkan kalau saya mau, bisa lebih banyak lagi.

Dari sanalah saya berpikir, kalau saja pelajar, murid, mahasiswa mau memanfaatkan betul internet sebagai sarana belajar, bukan hanya sarana hiburan dan eksis didunia media social saja, maka kualitas pendidikannya akan jauh meningkat dari sekarang. Pelajar sekarang cenderung menurunkan tingkat belajar mereka dan memilih untuk bersantai dengan buaian fasilitas internet yang menyenyakkan itu. Baca juga: Indikasi penurunan kualitas pelajar

Pertanyaan kecil, sejauh mana fasilitas internet kamu gunakan? Atau kamu gunakan untuk apa saja internet?

Silakan corat-coret dibawah.

3 thoughts on “Sudah berapa persen internet kita manfaatkan?

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

