Hal Kecil Cerminan Diri Mahasiswa

Mahasiswa boleh saja menjadi sosok yang kritis. Mengabdikan diri dengan mengoreksi kebijakan pemerintah. Memberikan saran guna pembangunan negeri. Turut serta sebagai agen perubahan di Indonesia.

Demo menyuarakan aspirasi rakyat. Berbondong-bondong turun ke jalan. Memenuhi ruas-ruas jalan utama kota. Terkadang malah meninggalkan sampah dan juga bikin macet.

Tidak apa, wajar saja. Itu juga telah digariskan dalam peran fungsi mahasiswa. Tapi ingat, kewajiban mahasiswa bukan hanya itu. Bukan pula hanya belajar tentang keprofesiannya.

Banyak hal kecil malah sering terlupakan. Contohnya, mematikan lampu yang tidak terpakai dan membuang sampah pada tempatnya. Hal kecil tersebut memiliki dampak besar. Bahkan bisa lebih besar dari demo.

Bayangkan ketika energi listrik PLN dapat dihemat 1 kwh saja satu rumah, maka ketika ada 1000 rumah yang melakukannya, kita telah menyimpang sebesar 1 Megawatt hour. Itu sudah cukup untuk mengaliri listrik satu pulau terpencil di pedalaman negeri.

Sayangnya, mahasiswa banyak yang tak sadar.

Suatu waktu saya sedang jalan di daerah depan kost. Terdapat sebuah rumah yang berisikan mahasiswa saja. Sepertinya itu adalah rumah yang dikontrakkan. Disannya lampu menyala hingga pagi. Tak ada yang peduli sedikitpun dari sekitar puluhan manusia penghuninya.

Sangat disayangkan. Kalau mahasiswa berkoar-koar, turunkan harga bbm. Turunkan harga sembako. Ah kalau saja aksi itu bukan omongan yang akan menguap di jalan. Aih kalau saja kecerdikan mereka sendiri diterapkan dulu minimal dalam perbuatannya.

Sudahkah diri ini sesuai dengan apa yang kita bicarakan?

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s