Membuka Wawasan bersama National Geographic

Di sela-sela perkuliahan, Salah seorang dosen selalu memberikan wawasan kepada mahasiswanya. Beliau bilang bahwa mahasiswa teknik itu bukan hanya pintar dalam teori saja, aplikasi dalam industri harus juga tahu.

Beliau menyampaikan cerita yang berhubungan dengan material di berbagai negara. Material baru yang super canggih. Ataupun pengetahuan yang sepele misalnya bagaimana kantong plastik dibuat dan mengapa ada polimer yang transparan dan tak tembus cahaya.

Salah satu dasar ceritanya biasanya dikutip dari tulisan National Geographic. Situs tersebut memang menyediakan beribu informasi yang penting sekaligus menarik untuk diketahui.

Selama ini mungkin, bayangan tentang National Geographic selalu melulu pada hewan, tanaman, hutan dan destinasi wisata. Padahal lebih dari itu, natgeo menampilkan kekinian perkembangan sains dan teknologi, kondisi sosial dan budaya, astronomi, TVm foto keren, video menawan, tempat unik di bumi, isu terkini, masalah lingkungan, ada juga sekarang natgeo kids,  fakta ilmiah, hal yang unik dari organisme dan habitatnya, serta banyak yang lain.

Tadi, lagi-lagi saya dibuat kagum oleh National Geographic. Video dokumentasinya menjelaskan tentang proses recycle botol bekas menjadi jaket yang high quality berbahan polyester. Saya tercengang melihat detil proses yang dipaparkan.

Belum lagi majalahnya. Kalau di website yang gratis penyajiannya sangat terbatas hanya pada kulitnya saja. Meskipun yang demikian itu sudah sangat memukau. Tetapi dalam edisi majalah, biasanya uraian mendalamnya juga disertakan.

Majalah National Geographic
Majalah National Geographic

Sumber gambar: adventuresingeology.com

Saya memang belum pernah beli, tetapi pernah melihat dan memperhatikan setiap lembar isi majalah tebal tersebut. Penjelasannya tidak terlalu berat dihiasi dengan gambar yang cantik dan relevan. Section/chapternya banyak, tinggal pilih yang mana yang disuka.

Salah seorang teman suka berlangganan dengan majalahnya. Saya temui dia sebagai sosok yang berwawasan luas dan berpemahaman seperti buku yang ia baca. Kritis dan taktis.

 Saya yakin masih banyak lagi yang ditawarkan oleh Natgeo. Dan juga di luar sana beribu situs yang dapat membuka wawasan. Tinggal kita mau atau tidak untuk memanfaatkannya.

Sekian, semoga mencerahkan.

Advertisements

5 thoughts on “Membuka Wawasan bersama National Geographic

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s