Enjoying to be Materials Engineer

Lingkup material ini luas, bro sist. Nggak Cuma tentang ngecor logam, mengekstraksikan logam berharga dari mineralnya, atau fabrikasi polimer komposit. Bukan juga hanya melulu pada teori stress strain behaviour, slab method analysis, tensor analysis, deformasion, solidification mathematical method, dan engineering mathematic yang rumit itu.

Superconductor: Fly frictionless without any energy losses
Superconductor: Fly frictionless without any energy losses (Sumber)

Material itu menyenangkan. Material itu pusat dari segala bidang keilmuan. Tanpa pengetahuan bahan, tak akan ada produk engineering yang dapat dimanfaatkan untuk sehari hari. Dalam segala bidang.

Ilmu Material dan Metalurgi itu:

Tentang bagaimana jaket high quality polyester waterproof dibuat dari bahan poliester yang ternyata difabrikasi dari botol bekas. Botol-botol yang dibuang orang ditempat sampah (khususnya yang thermoplastic) remelt dan dipintal menjadi bahan kain. Juga Recycling can (botol kaleng aluminium) menjadi konstruksi paduan almini yang dibuat untuk wide application misalnya frame sepeda balap yang super ringan dan kuat.

Juga mengubah serbuk menjadi peluru yang anti baja. Dan bukan untuk keperluan merusak, materials engineer juga membuat penangkalnya dengan carbon fiber pada kevlar. Carbon fiber bukan Cuma bisa itu saja, juga digunakan untuk kap mobil (casing mobil). Ya raket badminton dan tenis lapangan juga memakai carbon fiber. Dia ringan tapi kuat, eits tapi juga sedikit getas (artinya mudah patah).

This is Graphene (Sumber)
This is Graphene (Sumber)

Tentang carbon yang memiliki sifat unik bisa membentuk makromolekul yang panjang dan penyusun utama material organik. Carbon yang memiliki kekuatan super tinggi melebihi baja hingga berpuluh-puluh kali. Graphene single layer namanya. Ada juga fullerene. Carbon nanotube. Yang kesemuanya adalah material super yang juga indah dalam struktur kimia molekulnya.

Carbon adalah salah satu keajaiban dalam dunia material.

Yang sedang panas diperbincangkan materials engineer saat ini adalah bagaimana merekayasa material anorganik untuk menggantikan tulang, menyanggah tulang yang patah, menambal gigi berlubang, dan material yang dapat memperbaiki dimensi dan strukturnya sendiri (self healing).

Electronical Application
Electronical Application of Material Fields (Sumber)

Tentang bagaimana sifat optik, sifat fisik, dan sifat kelistrikan atau kemagnitan dalam bidang elektronika seperti bahan untuk kapasitor dan resistor. Pun defleksi material ketika diberi beda potensial pada kamera pocket otomatis yang super unik itu.

Support greentech development
Support greentech development (Sumber)

Bagaimana memanipulasi baja yang sama komposisinya tetapi memiliki respon yang berbeda ketika dikenai pembebanan. Misalnya baja A kuat untuk penempaan. Sedangkan baja B patah jika diberi beban yang sama. Tetapi baja B sulit digores bahkan mampu memotong baja A dan baja lain. Seperti intan yang mampu mengiris, memotong, menggores material apapun. Tetapi sedikit saja ditempa langsung patah.

Tentang spesifikasi material yang diaplikasikan diberbagai bidang misalnya kekuatan yang diijinkan untuk konstruksi poros, bearing, cluster, fastener, null, staples, chain, dan gear. Tentang bagaimana seharusnya sifat dari gear yang membutuhkan kekerasan dan ketangguhan.

Bagaimana mendesain komponen mesin yang tahan abrasi, tahan panas, tahan pembebanan. Pun mendesain dan material selection untuk komponen yang berada pada kondisi ekstrim semisal blade / turbin pada mesin jet dan pembangkit listrik tenaga uap yang memaksa material untuk tahan terhadap korosi pada temperatur tinggi.

Metallurgy in Industry
Metallurgy in Industry (Sumber)

Jangan lupakan pula material hulu hingga hilir secara umum, seperti: mining –extractive metallurgy – casting – manufacturing sehingga material dapat digunakan untuk keperluan sehari hari.

Itupun masih belum seberapa, masih ada deretan lain yang tak kalah asyiknya tentang bagaimana menyambung struktur konstruksi dengan rivet joint, bolt joint, welding engineering. Menjadikan lembaran paduan logam menjadi tanki. Bagaimana forging, milling, compression molding, blow molding, drilling, machining, casting, extrusion, drawing, turning, rolling, yang kesemuanya membuat wajah / permukaan material menjadi berubah bentuk.

Bukan sekedar reaksi A + B menjadi C. Engineer material dituntut mampu menguasai proses yang berlangsung di dalamnya. We are process engineer. Memastikan aliran fluida pada logam cair ketika dituangkan pada cetakan. Memastika reaksi reduksi hematite menjadi besi berlangsung dalam blast furnace / tanur tiup / dapur logam. Memastikan residu/slag tidak tercampur dengan logam yang berharga. Memastikan panas tidak keluar (losses) dalam sebuah fluida statis maupun dinamis yang menyebabkan perusahaan rugi. Desain dan bahan wadah fluidanya harus dipiih sesuai dengan kriteria.

Quality Control Engineer
Quality Control Engineer

Bukan hanya process engineer, We also Quality Control Engineer. Bagaimana menjaga kualitas produk manufaktur sesuai dengan criteria / parameter yang diijinkan. Misalnya plat baja harus memiliki ukuran, komposisi kimia, struktur mikro, kekerasan, kekuatan tarik tertentu. Reject produk dapat dilakukan ketika produk tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh perusahaan. Itu semua demi menjaga kualitas produk dan demi menjaga kepuasan pelanggan selaku pembeli produk perusahaan.

Semua itu ada di dunia material. Dan masih banyak lagi yang unik di dunia material teknik. Berjuta topik, fenomena, dan behaviour of materials sangat menarik untuk dipelajari.

Oleh karenanya, enjoy saja lah jadi mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi. Awalnya kalau kamu masih ragu nggak apa kok. Wajar. Memang di Indonesia jurusan ini masih belum terdengar hingar bingar cerahnya masa depannya. Tetapi percayalah, di luar sana, ilmu material sudah berkembang pesat. Di luar sana, negara maju, sudah menguasai ilmu material. Makanya mereka dapat menguasai dunia.

Contohlah China yang sudah merajai dunia. Awal mulanya mereka kuasai dulu bidang materialnya. Sekarang apa? Dunia mengalami stroke, kaget melihat kebangkitan China. Bagaimana tidak? Semua proses manufaktur harus di fabrikasi disana. Gadget, TV, laptop, komputer mana yang tidak ada label Made in China. Semua pimpinan bangsa dibuat ketar ketir (baca: takut) pada China Si Peniru yang Cerdas. Tuh lihat Apple Watch yang belum dirilis penjualan perdananya, di China suda hada barang tiruannya berbulan bulan sebelumnya. Betapa gilanya. Dan lain sebagainya, China dalam hal ini sudah menguasai banyak relung bidang di dunia.

Oke, saya tidak akan banyak membahas China.

Masih ragu untuk kuliah Teknik Material dan Metalurgi, baca tulisan selanjutnya tentang bright future being materials and metallurgical engineer klik disini.

Semua bisa dilakukan dengan materials science. Semua akan kamu pelajari disini.

Belajar ilmu material adalah satu dari berjuta-juta jalan untuk mengagungkan kekuasaan Allah dalam menciptakan semesta.

#SantaidiMaterialITS

Surabaya, 16 April 2015

Hafidh Frian Perdana

Materials and Metallurgical Engineering ITS’12

Advertisements

15 thoughts on “Enjoying to be Materials Engineer

  1. Saya doain biar Indonesia cepat punya smelter sesuai undang-udang deh. Itu yang katanya paling hot di bidang material dan metalurgi.

    Ngomong-ngomong di ITS sana metalurgi dan material digabung ya?

    1. iya, disini gabung jurusan teknik material dan metalurgi. Eh iya lupa nggak ane tulis diatas tentang uu minerba yg lagi ngotot antara pengusaha dan pemerintah. Makasi sarannya 🙂

  2. Gila, artikelnya panjang banget. Tapi santai wae, udah tak baca semua. Kalau tak baca sih, yang paling keren tu kayaknya forensik. Itu ada kaitannya ma material ya? Barang-barang China? Yap, semuanya di dunia ini barangnya China semua. Jangankan iPhone yang ditiru China, hardwarenya iPhone aja China semua kok. Cuma Chinanya yang bagus. Nice inpoh 😀

    1. Banyaknya sih manufaktur, oil and gas, dan pertambangan, Atau juga dibidang industri kimia. Diatas udah banyak dijelaskan juga tuh tentang perusahaannya juga malah. Semoga menjawab 🙂

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s