Prospek Kerja Teknik Material dan metalurgi

Engineering
Engineering prospect (Sumber)

Permasalahan berikutnnya yang bikin siswa SMA ragu dalam memilih jurusan ini adalah ragu terhadap Prospek kerja jurusan Teknik Material dan Metalurgi. Bahkan menempatkan jurusan ini sebagai pilihan kedua, ketiga, atau bahkan terakhir.

Lulusan teknik material sangat banyak kok peluang kerjanya. Dapat bekerja di seluruh bidang industri, karena pada dasarnya material ada dimana-mana. Right?

Menjadi inspektor adalah salah satu pilihan yang tepat. Menginspeksi, mengecek mesin, memastikan proses berjalan dan alat dalam kondisi yang standar adalah sebagaian kecil aktivitasnya di Perusahaan. Pilih saja suka-suka, Corrosion Inspector, Welding Inspector, Failure Analyser. Kerjanya juga bisa di perusahaan multinasional atau nacional seperti di Schlumberger, Total, Pertamina, Shell, Conoco Philips, Indopower, Chevron, Geothermal PLN atau Pertamina, (PLTU, pabrik pupuk, pabrik semen, dan pabrik gula yang tersebar diseluruh penjuru negeri), serta Badak LNG, dll.

Ada pula yang namanya Process Engineer / Metallurgist. Mereka akan bekerja di dunia pertambangan khususnya mineral logam. Mereka jago dalam menentukan parameter operasi untuk memastikan reaksi pengambilan material berharga dari pengotor berjalan dengan optimum. Proses pemurnian logam juga tak bisa dilepaskan dengan para process engineer ini. Perusahaan yang membutuhkan jangan bilang, mirip Freeport, Newmont, Vale, Antam, Inalum, PT Timah, dll.

Industri otomotif apapun itu misalnya Astra Otoparts sangat melirik skill material engineer. Pasalnya dalam pemilihan material, dimensi, desain, pencetakan, kekuatan, modulus elastisitas, dan keuletan dari komponen mesin yang dihasilkan harus sesuai kriteria. Dan semua itu materials engineer lah yang mampu menyelesaikannya. Komponen seperti ban, bearing, bolt, cluster, fastener, break system, spring, rivet, shaft dibutuhkan presisi dalam dimensi dan keakuratan dalam spesifikasi sifat mekaniknya.

Peluang berkarir di industri transportasi atau manufaktur polimer dan komposit juga terbuka lebar. Dari macam aerospace, train, and bus, car, or motor sangat memerlukan insinyur material. PT Dirgantara Indonesia, PT GMF Aeroasia, PT Industri Kereta Api, Sepeda Polygon, dan industri pembentukan botol plastik, kantong plastik, galon, atau semuanya yang terbuat dar plastic semua bisa dijajal.

Yang suka elektronik, ya tinggal masuk industry manufaktur alat elektronik. Yang suka kedokteran karena dulu nggak kesampaian jadi dokter, ya bisa masuk biomaterial dan biomedik. Yang nggak kesampaian jadi polisi dan tentara bisa belajar forensik. Yang ingin jadi peneliti, scope untuk jadi penemu material baru masih terbuka lebar, contoh yang lagi hot adalah biomaterial, material semikonduktor, komposit super, dan paduan super. Yang suka permodelan ya masuk design, simulation, or modelling materials. Yang nggak suka jadi karyawan ya jadi pengusaha alias bos saja dengan berwirausaha. Membantu orang lain mendapatkan jalan rejekinya. Bangun industri pengecoran sendiri, ekstraksi bijih logam seperti: tembaga, nikel, aluminium, pasir besi yang melimpah ruah di Indonesia. Bangun industri recycling material untuk meningkatkan nilai tambah material.

Gajinya? Jangan tanya, pasti menggiurkan kalau kamu mau bekerja keras menimba ilmu dengan baik.

Baca juga tulisan saya mengenai ulasan kuliah di jurusan material metalurgi:

Enjoying to be materials engineer

Gambaran umum kuliah di material dan metalurgi

Semoga membantu

Advertisements

10 thoughts on “Prospek Kerja Teknik Material dan metalurgi

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s