[Indonesia Timur Bagian VI] Kekacauan Itinerary

Bagian 6

Sebelumnya, naik kapal Ferry pertama kali.

Sesampainya di Pelabuhan Lembar, benang perjalanan semakin kusut. Tak jelas arah dan tujuannya. Semakin terombang-ambing oleh keadaan yang tidak mendukung. Tidak sesuai dengan perkiraan.

Dirundung pilu di Pelabuhan Lembar
Dirundung pilu di Pelabuhan Lembar

Kesepakatan pertemuaan sebelumnya di Padang Bai kembali bergeser ke pulau seberang, Lombok. Aku sudah berada di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, sedangkan temanku entah dimana. Perasaanku sudah mulai getir. Jangan-jangan ini pertanda bahwa perjalanan kami memang ditakdirkan untuk terpisah.

Temanku tidak ada kabar sedari pagi. Hp-nya tak memberikan jawaban. Kebiasaan para pengelana memang mematikan segala macam gadget untuk menghemat daya.

Aku masih tenang. Istirahat sembari menghirup udara Lombok. Inilah kisahku seharian di pelabuhan Lembar. Terangkum dalam ”Asam manis perjalanan”.

Lantas menjelang malam tiba, kabar tiba-tiba tidak mengenakkan datang. Bahwa ternyata temanku sedang berada di rumah saudaranya di Gianyar. Dia istirahat dan bersantai di Gianyar.

”Sialan! Kalau kau punya rencana sendiri, ngapain kita mau touring bareng?”, aku sudah tidak bisa menahan amarah. Segalanya umpatan tumpah.

”Ya, mau mampir sejenak. Nggak enak kan sama keluarga”, jawabnya dengan nada yang selalu saja merendah. Merujuk pada ketakutan dan rasa bersalah.

Sebagai seorang teman, aku masih memiliki rasa sabar. Toh perjalanan yang pahit ini aku juga yang ikut andil menentukan jalannya. Aku tidak boleh seenaknya sendiri. Kesepakatan yang berubah hingga kini kan juga akibat ulahku sendiri.

”Oke. Aku beri opsi untuk sampai di Lembar jam 7 pagi. Entah bagaimana pun caranya. Sebagai gambaran, proses berlayar dan menunggu di Padang Bai sekitar 7 jam. Berarti kami harus berangkat jam 12 malam minimal dari Gianyar”, jelasku dalam kekesalan.

Dia mengirim pesan singkat dengan berujar, ”Sanggup, fidh”

Setidaknya aku bisa tidur mendengar kata meyakinkan darinya.

Bersambung..

Penantian di Labuan Lembar, Lombok Barat.

3 thoughts on “[Indonesia Timur Bagian VI] Kekacauan Itinerary

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

