Horeee.. Akhirnya Saya Magang

Yaelah norak banget kan ya. Hanya mendapat tempat magang saja sudah bahagianya kelewatan. Belum juga mulai magang.

Hm.. Saya baru saja diterima kerja praktek di PT. FSCM Manufacturing. Bagi yang belum tahu, FSCM adalah anak perusahaan Astra Otopart yang khusus memproduksi chain dan filter. Saya ditempatkan di Plant 4, terletak di Bypass Krian Km 26 No.8 Desa Barengkrajan, Krian, Sidoarjo yang khusus bidang pembuatan air and oil filter untuk mobil.

Kalian harus tahu betapa berat perjuangan mendapatkan tempat magang ini. Sudah hampir setahun keringat bercucuran untuk memenuhi persyaratan kelulusan kuliah.

Ini tentang cerita kami, Saya dan Huffal. Dia teman senasib dan seperjuangan. Meskipun sempat terpisah untuk beberapa waktu. Dia juga gigih dalam pendirian, teguh dalam ibadah, dan pantang putus asa.

Dahulu pernah dicoba di Freeport. Apply proposal mulanya sangat bersemangat. Siapa yang nggak pengen dapet pengalaman kerja di Tembagapura, Plant pertamabangan emas terbesar di dunia. Multinasional lagi. Semua berkas administrasi pernyaratan telah terpenuhi.

Email has been sent.

Kegalauan muncul, awal semester genap kemarin. Email yang kami kirim seperti sudah using, tidak mendapat tanggapan apapun. Kami hampir menyerah, dan masih harap-harap cemas dengan mencoba menunggunya hingga akhir bulan pertama kuliah, Februari.

Maret sudah menginjak pertengahan, kebuntuan masih belum juga menemui solusinya. Semua tenaga dikerahkan, termasuk meminta bantuan follow up “orang dalam”. Tidak membuahkan hasil.

Kami mulai browsing kemungkinan perusahaan lain. Mencoba di Barata, Ispatindo, Ferrometal, Supra Aluminium. Mereka hanya sampai pada wacana.

Bulat tekad kami untuk mengajukan proposal ke PT AT Indonesia, tentang manufacturing baja yang banyak terkait dengan material dan metalurgi. Peluang diterima besar, pikir kami, karena menghubungi HRD secara langsung.

Email has been sent.

Beberapa minggu kemudian, teman kami yang lebih dahulu kirim proposal bilang, “AT sudah full”

Pupuslah harapan kami.

Tak mau patah arang dini, kami mencoba peruntungan di INKA. Manufacturing kereta api menarik perhatian. Kali ini saya yang punya andil besar menentukan pilihan.

Mulanya telpon lah saya pada bagian SDM, saya dapati peluang di bulan Juni. Beberpa slot masih kosong. Beberapa hari kemudian, saya habiskan waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan acc dan ttd dosen. Syarat sah proposal harus ada lembar pengesahan. Nah disinilah titik berat. Jangan dikira, asal email has been sent, dibelakang itu perjuangan berdarah-darah menyertai.

Aih, pada pertengahan jalan, kami baru menyadari kalau gelombang peralihan teman mahasiswa lain satu jurusan juga mengarah pada INKA. Mereka yang ditolak dari perusahaan lain, juga bergerak kearah yang sama. Mencari peruntungan di Madiun. Sekitar 4 rombongan berebut posisi.

Salah saya, kurang cepat mengeksekusi proposal dan channel. Teman-teman tidak perlu ke divisi SDM langsung, melainkan sektretaris yang beliau tak lain adalah ayah dari salah seorang teman seangkatan.

Bagaimana nggak mewek coba? Sudah print art paper proposal seharga uang makan selama 3 hari di Surabaya. Belum lagi ingat sama penantian yang berbelit menyayat hati itu.

Kami agak kacau kala itu. Sekarang sudah akhir April, satu bulan lagi kuliah berakhir. Jangan sampai UAS berlangsung masih terpecah untuk kerja praktek.

Kami sedikit tersenyum karena pihak Freeport sudah mulai mendapati titik terang. Kami berdua berdoa agar berkas segera disetujui. Ada tanda-tanda seperti itu. Email mulai dibalas.

Tetapi pihak perusahaan hanya menyetujui salah satu diantara kami. Akhirnya saya lah yang mengalah. Disinilah kami berpisah, dan saya berikrar tuk jadi single fighter.

Searching via mbah google adalah amunisi andalan. Saya tak punya link atau saudara di perusahaan. Tidak ada harapan untuk mendapatkan bantuan, selain pertolongan Allah dan Doa orang tua.

Hansa Pratama adalah perusahaan pengecoran logam di Balongbendo. Saya tertarik dengan pengecoran logam kala itu, langusng sikat habis administrasi yang ada. Awalanya saya sudah terpikir, dengan cara yang demikian akan tidak efektif. Ketakutan akan perusahaan yang saya hampiri adalah perusahaan yang belum pernah menerima kerja praktek.

Ah ketakutan itu menjadi kenyataan. Beberapa hari pasca pengiriman proposal langsung ke perusahaan, saya ditelpon pihak HRD untuk panggilan interview. Dalam inteview, ternyata saya masih harus memperbaiki proposal dan sedikit tambahan-tambahan.

Eh dikunjungan ketiga kalinya saya masih belum dapat kepastian, karena menunggu persetujuan atasan.

Akhirnya tidak saya follow up lagi, biarlah berkas yang berlumuran air mata itu menjadi sampah tak berharga.

Dan Allah benar-benar sangat tahu saya sebagai makhluk-Nya. Allah mengetahui apapun yang terbaik bagi saya. Dan Allah telah mengabulkan doa saya bukan hanya doa yang selalu tersemat disetiap perjuangan untuk segera mendapatkan jalan terang untuk magang, tetapi doa yang hampir saya lupa dahulu.

Dahulu saya pernah ingin bekerja di bidang Quality Control bidang teknik kimia. Saya sangat menyukai pelajaran kimia.

Sedangkan kehendak Allah lain, Dia menetapkan saya di Jurusan Teknik Material dan Metalurgi. Saat ini, saya sangat menikmati diri sebagai metallurgist dan kerja praktek di bidang Quality Control.

Dan doa tetap menjadi harapan kelak saya akan mengambil bidang Ekstraksi dan mungkin dengan jalan kerja praktek dengan dosen pembimbing yang sama. Sekalian untuk pendekatan sebelum Tugas Akhir nanti. Saya tak bisa membayangkan bagaimana kalau saya masuk Tekkim dulu, pasti tidak akan mengetahui nikmatnya Kimia Ekstraksi di jurusan saya yang masih dianggap minor di Indonesia ini.

Alhamdulillah.

14 thoughts on “Horeee.. Akhirnya Saya Magang

      1. Hati-hati mas kalau PKL. Kerja yang rajin siapa tahu nanti langsung ditawari pekerjaan tetap seperti saya dulu waktu magang. Sayang saya dulu melewatkan kesempatan emas. Biar tidak salah seperti ketika saya PKL

      2. Iya harus kerja keras. puasa bukan alasan untuk malas2. Emang kenapa dulu bang pas waktu magang? beri saya wejangan dong. Saya masih cupu, katanya pas magang itu harus aktif ya. Siapa tahu ketika kinerjanya baik bisa ditarik kerja disana juga.

      3. Dulu yang penting terbuka, banyak2 kenalan sama pegawainya. Ntar pasti dikasih tahu banyak rahasia perusahaan. Misalnya siapa aja sesepuh yang dihormati, cara nglamar pekerjaan, dll. Satu-satunya yang terpenting harua tepat waktu. Dulu soalnya saya nglanjutin kuliah S1 kan magangnya buat D1. Gara2 sungkan akhirnya takut nglamar di perusahaan yang sama

  1. maaf mau menanyakan mungkin agak menyimpang. apakah untuk maggang di PT Freeport itu mahasiswa harus maggang di papua? Mungkin bisa sharing karena saya lihat artikel agan sebelumnya ingin maggang di PT Freeport

  2. Mas nya anak material metalurgi its ? Boleh minta cp atau apa gitu mas ? Soalnya mau cari tempat magang,sprtinya sy memiliki ketertarikan yang krng lebih sama dg anda.siapa tahu dapat pencerahan

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

