Guyup Rukun Rioyo ala Desaku

Howdy, bagaimana suasana lebaran di kampungmu?

Opor ayam dan lontong?

Yang jelas tradisi silaturahmi mengunjungi sanak famili, tetangga kiri kanan rumah, dan kerabat tetap terjaga kan kelestariannya.

Yang aku suka dengan keluarga besarku – nenekku dari ibu – adalah salam menyalam dari ujung gang timur hingga barat rumah pasca turun dari Sholat ied. Tak seperti biasa, jalan kecil beraspal bolong-bolong ini ramai bertebaran manusia.

Mereka ingin membuka pintu maaf. Menantikan gogrok-nya kesalahan selama hidup dengan berjabat tangan. Silih berganti masuk keluar rumah. Sajian makanan camilan yang berat macam jajan telur, asinan, rengginang, krupuk, rempeyek, hingga manis-manis ala modernitas makanan pabrikan.

Keberkahan hari raya sangat terasa. Jarang orang menjamu tamu dengan se-’mulia’ ini. Menyiapkan makanan, minuman, membersihkan rumah. Bahkan jauh hari sebelumnya. Tuan rumah membuka pintu lebar-lebar untuk kedatangan pada mehman – tamu dalam bahasa timur tengah.

Pakaian baru menandakan hati yang fitri.

Momen tepat untuk melebur rasa sungkan. Kalau tak bulan syawal, mana ada momentum yang blak-blakan lagi. Yang buka kios tak lagi menjual makanannya, malah disuguhkan tanpa bayar. Gratis.

Yang dari mekkah, tak henti-hentinya cerita rindu ketika haji. Yang dalam kondisi pilu ingat saudara yang sudah meninggal, menitiklah air mata. Bertemu teman sebaya. Bahkan ada yang mau nikah. Bicara tentang nowdays life. Kuliah, kerja, magang. Saling bertukar kabar. Dan rencana kedepan.

Semua berbaur dalam lingkup bulan kemenangan. Disadari betul bahwa saatnya sudah merayakan keberhasilan melewati ujian sekaligus gemblengan bulan Ramadhan. Dan sudah bukan saatnya meratapi pupusnya bulan penuh rahmat dan maghfirah. Kita tatap kedepan semoga tahun depan lebih baik dan dapat berjumpa dengan kenikmatan bulan penuh berkah ini.

Aamiin..

17/7/2015, Tmp

Advertisements

2 thoughts on “Guyup Rukun Rioyo ala Desaku

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s