Jowo Seng Njawani

Njawani dalam bahasa jawa berarti menjadi orang jawa yang utuh. Memegang prinsip kejawaan dan menerapkan nilai-nilai jawa dalam kehidupan sehari-hari.

Njawani lebih dikenal di Jawa Tengah. Kalau di timur disebut jowo saja. Nak, seng jowo yo nang adike. Identik dengan tingkah laku yang dewasa.

Yang aku suka dengan jawa adalah asas kemanusiaannya sangat luhur. Sesama manusia harus andhap. Terlebih pada yang lebih tua. Selain bisa boso krama, harus juga menjaga tata krama.

Terciptalah tatanan masyarakat yang tentrem lan rukun.

Urip seng jowo
Urip seng jowo

Tetapi, tak ada gading yang tak retak. Orang jawa kini banyak meninggalkan kepribadiannya sendiri. Terkesan menjelekkan martabatnya sendri. Menjadi jongos, babu, medok, dan menjual harga dirinya dengan murah.

Dan satu lagi, banyak orang jawa hanya baik pada orang yang berbuat baik padanya. Adat jawa tak begitu. Sayang, orangnya saja yang bebal.

Contoh, ketika hari raya semaraknya untuk memeriahkan dan menyambung tali silaturahmi sama besarnya. Mereka memasak lontong dan sayur penuh santan dan berbagai makanan lezat lain yang khas untuk dibagikan kepada sanak keluarga dan tetangga dekat. Tradisi ini dinamakan ater-ater rioyo. Sayang, yang diberi hanya orang yang pernah memberi padanya. Kalau dulu nggak beri atau punya riwayat jelek, sekalian aja tidak perlu menyapa apalagi harus ater-ater.

Sebenarnya pegangan orang jawa itu berbudi pekerti tinggi. Tergantung orang jawa sendiri mau atau tidak menjadikan pedoman.

Selamat malam,

Advertisements

9 thoughts on “Jowo Seng Njawani

  1. Justru bagi saya medok itu identitas kejawaan saya *alesan*, lha wong gimana lagi, mau ngomong dalam bahasa apapun (bhs Indonesia, english, turkish) saya itu susah ngilangin ‘kemedokan’ saya je. 😀

    1. Saya jg bertahan dlm kemedokan mas. Yg kadang ditertawakan tmn2, ndesok katanya. Tp nggak aku hiraukan. Yg aku maksud di tulisan diatas itu ttg logat yg dimedok2kan di tv. Padahal kalo ditarik ke org jawa sendiri nggak ada org jawa yg ngomong begitu. Medok gpp asal g dimedok2kan.

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s