Long time no see

Hallo, readers..

It has been long time not to write in here since the fire nation attacked and started war. Haha..

Horee (sumber)
Horee (sumber gambar)

Banyak hal yang sudah terjadi. Banyak hal yang ingin aku ceritakan. Banyak momen yang membikin diri sedikit berubah. Pola pikir, sudut pandang, dan penempatan diri yang lebih mapan dan ajeg. Demikian lah hidup, terus berjalan. Tanpa perubahan, bergulirnya waktu tiada berguna. Berubah kearah yang lebih baik adalah keuntungan, sebaliknya kerugian.

Argg.. Skripsi telah usai. Balada pengerjaan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Proses melengkapi persyaratan yudisium sudah mencapai akhir. Maret wisuda. Tak terasa, jaman masih muda terbayang.

Skripsi telah menyita banyak waktu, pemikiran, konsentrasi, dan tenaga. Keringat bercucuran, waktu tidur kacau, jadwal sholat terganggu. Dan diakhir cerita, aku sadar bahwa banyak hal yang tak bisa terkontrol. Dan menyadari betul bahwa kontrol paling kuat adalah kontrol dari yang lebih berkuasa, Allah SWT.

Begitulah setidaknya, bahwa sekedar menjadi bijak dan sukses bukanlah hal yang tak mungkin. Dan ketika tercapai itu bukan hal yang luar biasa. Definisi yang lebih dalam akan ditemukan ketika tujuan hidup digali lagi lebih dalam. Bahwa menjadi hamba Allah adalah sesuatu pilihan yang utama.

Sukses bisa jadi lupa diri. Bijak bisa jadi sombong dengan kebijakannya. Nada penghambaan diri lah yang mampu mengantarkan pada notasi kerendahan diri yang paling rendah. Diri yang banyak salah, banyak dosa, keliru, dan lupa. Alhasil rumusan kehidupan yang final adalah tentang kesederhanaan. Pas. Tak kelebihan dan kekurangan.

Cobaan terus silih berganti. Rumusan untuk menghadapinya telah lengkap tertera di Al-Qur’an. Semua obat, penangkal, dan penyembuh atas kegundahan hati, penyakit jiwa, mental terbelakang, lemah fisik, kotoran pikiran, tumpulnya akal telah ada di buku panduan mengenai hidup itu. Tak perlu khawatir atau risau.

Ketika kita berjalan di jalan yang lurus, maka Allah akan membantu kita. Ketika kita bersungguh sungguh, Allah akan bersama kita. Dan ketika kita paham medan dan tekniknya, artinya mau belajar, semua dapat teratasi atasi ijin Allah.

Dan akhir kata untuk awalan, kedepan akan banyak warna baru, tantangan baru, dan ikhwal baru tentang hidup. Aku akan terus berjalan. Begitu pula kalian. Dan semoga kita tetap dalam lindungan Allah.

Sukses selalu.

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s