Perjalanan Nge-Blog Bareng WordPress

Howdy, teman-temans..

Jadi begini, aku akan cerita perkembangan blog ini dari tahun ke tahun. Bisa jadi sejarah yang kalau diingat-ingat bikin senyum-senyum sendiri.

Yo nge-blog! (sumber gambar)
Yo nge-blog! (sumber gambar)

Kemarin, aku habis memangkas blog terdahulu. Salah satunya blog yang fenomenal di era tahun 2010 permulaan kenal blog.

Sebenernya kenal blog diawali karena tugas sekolah sewaktu SMP dulu kisaran tahun 2008 awal. Bikinlah blogspot. Kemudian tak terurus. Maklum ya jaman dulu keseringan main outdoor, belum ada dunia maya.

Kebetulan kakakku adalah orang yang terkini, pada waktu itu. Kakakku tergolong orang yang melek teknologi. Orang canggih di masa lampau adalah orang yang mampu mengoperasikan Ms word dan Excel dengan baik. Belum merambah ke dunia internet.

Internet baru terhubung via LAN (dulu ngga ada wireless) ke desa ku pada awal 2008. Kemunculannya ditandai dengan dibukanya warnet pertama di kecamatan, yaitu Globalnet namanya, sayang sekarang udah tutup kalah saing sama yg lain. Pelajar berbondong-bondong datang kesana untuk mengerjakan tugas sekolah yang berhubungan seputaran browsing materi dan artikel. Belum juga kenal artikel ilmiah pada waktu itu, yang ada Cuma comot blog sana blog sini. Dalam penilaian tugas semasa SMP atau bahkan SMA dulu, tak diperdulikan kredibilitas sumber. Asal dari google aja, langsung kumpulin. Tak jarang dalam penulisan sumber disebutkan wordpress atau blogspot.

Lihat orang nulis blog. Jadi rujukan pembelajaran di sekolah asyik juga rupanya. Sebenarnya sudah muncul minat dan ketertarikan. Ah emang dasar niat tanpa realisasi tak akan jadi jua. Sampai tahap ini aku belum bikin blog.

Oiya, chatting di mIRC dulu sangat populer. Kenalan dengan orang di kota lain. Pasangannya masih fs (singkatan dari friendster). Lihat fs-nya dulu kalo oke lanjut chatting. Nista banget kalo diinget. Fb dulu pas tahun 2008 akhir masih dalam tahap pembangunan sepertinya. Kalau mau sedikit lebih elit pakailah yahoo messenger. Pakai yahoo messenger memungkinkan kita chatting dengan orang yang uda kita kenal sebelumnya atau minimal punya emailnya. Terkesan elegan dengan benteng privasi lebih oke.

Balik lagi kecerita Kakakku yang tergolong manusia canggih waktu itu. Dia bilang, ”Platform wordpress lebih susah dibikin ketimbang blogspot”. Inilah titik dimana darahku mulai naik. Kobaran semangat ingin menulis merah membara. Pada pertengahan tahun 2010 diputuskan bikin blog ber-platform wordpress. Masih asal-asalan aja. Nama blognya pun nama pacar waktu itu. Nulis masih acakadut, nggak terstruktur, nggak teratur, dan terbatas materi sekolah.

Lihat temanku yang sudah se-canggih robot, yang udah bisa enhance sinyal wifi di sekolah, udah kenal kaskus (dulu kaskus adalah tempat nongkrong anak muda gaul #sekarang juga masih dan lebih besar rupanya), nulis-nulis di blog yang dikembangin dari nol dan udah gede, serta mulai menjajal self hosting sendiri. Jadilah makin termotivasi untuk nulis juga.

Waktu demi waktu, semakin kenal dunia tulis menulis, makin rajin nulis. Mulai mengerti ritme dan alur yang ku inginkan. Soal jalan-jalan, kehidupan, dan akademik yang kesemuanya diramu dalam nuansa islami agar tidak terkesan sekuler.

Inisiatif mengganti nama / domain blog terbesit tatkala putus dengan pacar pertama. ”Kan nama blogku dulu adalah nama pacarku. Tak pikir pikir geblek juga aku ya.. Blogku tapi pakai nama orang. Payah.” ngomong sendiri

Eh kan waktu itu ngambek ceritanya, bawaannya apapun yang berhubungan dengan mantan harus sirna. Dara muda kalo lagi naik pitam tuh. Alhasil waktu itu, aku rombak wordpress yang udah lama aku perjuangkan. Selama 2 tahun berjalan dapat menggaet total 65rb page views harus aku relakan karena ternyata setelah ganti domain, pembaca pada kabur. Usut punya usut ternyata mesin pencari google mengenali tulisanku dari domain lama dan tak mau menerima pergantian link.

Kerja keras lagi lah aku mencari pembaca.

Tahun 2012 aku lulus dari SMA dan diterima di kampus teknik yang ada di Surabaya. Karena pas waktu itu orientasi udah beda, masuk kuliah semester pertama. Akhirnya ada ide bikin blog baru yang udah fresh sekitar Mei 2013, karena yang lama udah nggak bisa tertolong. Sempet masih update pemberitahuan bahwa blog ini pindah. Tetapi mengenaskan, statistik 100 views perhari jadi 1 perhari. Ngga mau terangkat lagi.

Oke, hari-hari ku setelah itu sekitaran tahun 2014-2015 fokus pada blog baru. Menyelami dunia travel blogger. Sangking aktifnya sampek lupa blog lama. Dan baru tadi malam aku pastikan dibubarkan. Dan sejenak sebelum ditutup, ada tuh fitur export dari wordpress yang memungkinkan kita mem-back-up data kita ke another wordpress site. Untung wordpress baik, aku bisa import postingan yang dulu-dulu memungkinkan untuk dimanfaatkan kembali.

Ya alhasil, blog ini postingannya bertambah menjadi sekitar 600+. Lumayan semenjak 2010 aktif nulis sampai sekarang tahun 2016 ini. Meski belum sampai ribuan pengunjung, aku enjoy dengan blog ini. Menjadi catatan hidup, prasasti yang abadi (semoga wordpress-nya tetap berjaya). Saksi perkembanganku dari tahun ke tahun.

Dan tentunya bisa kenal dengan kalian semua yang aktif di dunia tulis menulis terutama wordpress. Terima kasih telah mengisi news feed yang memperluas cakrawala wawasan dan menyegarkan pikiran.

Semoga tetap istiqomah nulis.

[update] tulisan lama tentang posting jaman SMA

Advertisements

36 thoughts on “Perjalanan Nge-Blog Bareng WordPress

    1. Haha namanya jg manusia mbak, terus berubah dari waktu ke waktu. Dan yg penting nggak bisa disamain lah tulisan kita yg dlu dg kapasitas masih ingusan dg yg sekarang misal uda lulus kuliah, kerja, atau bahkan nikah.

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s