Fitur WordPress + KBBI di Android

Menyenangkan sekali hidup di era modern ini. Semua serba mudah. Termasuk dalam tulis menulis dalam dunia blogging. Karena baru kemarin ganti hp android, jadi ya baru tahu belakangan ini.

Salah dua dari aplikasi yang paling awal aku download di hp baruku adalah wordpress dan KBBI. Aku sangat berterima kasih kepada wordpress karena sudah menyediakan berbagai fasilitas menarik dan mudah. Kita bisa menulis di layar smartphone dan langsung dapat diterbitkan di blog pribadi kita. Kita juga bisa mengatur status, format, kategori, tag dan lokasi menulis dengan sekali klik. Tetapi aku jarang menggunakan menu menulis di aplikasi ini karena rasanya kurang plong kalau tidak edit langsung di versi desktopnya. Jadi untuk nulis masih metode konvensional.

Wordpress.org
WordPress.org

Bentuk dan tampilannya sederhana serta telah disesuaikan dengan kapasitas load data smartphone yang ringan. Kita dapat melihat tulisan-tulisan pada blog kita. Memang tak bisa melihat dekorasi aksesoris, widget, atau latar belakang karena aplikasi ini didesain untuk kecepatan dan mobilitas yang tinggi.

Didalamnya juga ada pengaturan konfigurasi dan tema. Yang paling asyik adalah fitur statistik karena kita dapat cek pengunjung dan page view hari ini, kemarin, seminggu yang lalu, satu bulan, dan fitur baru yaitu insight (atau resume selama menulis di wordpress). Semua tertata dengan rapi dan akurat secara matematika statistika.

Pengaturan profil, akun, dan notifikasi juga. Komentar masuk akan dapat kita tanggapi dengan cepat. Kita juga lebih gampang terhubung dengan teman-teman blog lain karena fitur reader memungkinkan kita membaca tulisan terkini dari blog yang kita ikuti. Dapat langsung like dan kasih komentar. Sosial banget lah wordpress ini. Sisi lain yang aku suka selain keunggulannya dalam fokus pada bobot tulisan bukan pada desain. Karena desain di wordpress setauku sih terbatas dan berbayar mahal.

Aplikasi KBBI di play store
Aplikasi KBBI di play store

Dalam menulis, aku biasanya dibantu oleh aplikasi KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia ini dapat memberikan penjelasan mengenai kosakata yang belum kita ketahui. Selain itu dapat juga meningkatkan perbendaharaan kata serta meminimalkan kesalahan dalam mendeskribsikan sesuatu sehingga minim pembiasan maksud dan tujuan.

Kabar baiknya lagi semua ada di genggaman tangan.

Advertisements

One thought on “Fitur WordPress + KBBI di Android

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s