Pelajaran dari Petualangan Bemomania (Gresik-Surabaya)

Dalam itikad menimba ilmu dari siapapun

Sekitar pukul 14.00 aku pulang ke Surabaya lagi. Jam tersebut adalah waktu anak sekolah pulang. Bemo terisi oleh anak-anak sekolah. Beberapa orang non sekolah seperti aku cari kerja dan mas-mas pengamen, ibu-ibu juga silih berganti. Yang paling lama aku temui adalah anak sekolah. Dan ada yang beda, ada anak sekolah yang ngomongnya pakai bahasa isyarat. Awalnya aku kira mereka bercanda dengan bahasa tubuh tersebut. Tapi lama kelamaan aku mendengar suara, ee.. ee.. suara yang dalam. Aku beranikan melirik. Sepertinya mereka memang tuna wicara. Dan aku makin yakin dengan melihat label sekolah mereka yang bertuliskan SLB. Mereka berempat. Cowok cewek masing-masing SMA dan SMP.

Ilustrasi angkot (sumber)
Ilustrasi angkot (sumber)

Aku tak bisa menahan getaran hati kecilku. Aku merintih dalam rasa malu. Aku selama ini kurang bersyukur, Tuhan. Lagi lagi aku diingatkan tentang diri yang sudah sempurna begini, masih saja mengeluh. Kurang ini lah, itu lah. Lihat sekitar mereka yang kurang beruntung. Aku yang tidak punya communication skill hebat ala orator eksekutor yang aktif di organisasi-organisasi kampus harusnya tidak minder. Lidahku memang berat mengucapkan berbagai lafal alfabet. Tapi bukan alasan untuk tidak sukses.

Apakah aku sudah lupa juga pada orang yang tak memiliki kaki kanan di Terminal menuju Osowilangon dulu? Apa aku tidak malu pada mereka yang masih tegar menjalani hidup, menjalani hari dengan penuh semangat. Riang muka mereka. Sedang aku murung, hanya digantung oleh beberapa perusahaan saja?

Aku pulang ke kosan dengan tatap muka yang lebih bijaksana dalam menyikapi persoalan hidup. Semoga kalian juga demikian.

Cheers..

Selesai.

One thought on “Pelajaran dari Petualangan Bemomania (Gresik-Surabaya)

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

