Nasihat untuk S1 Fresh Graduate

Masa kuliah sudah usai. Kata om yang penuh pengalaman itu, “Dunia kerja jauh beda dengan dunia sekolah”.

what next to do? (sumber)
what next to do? (sumber)

”Di dunia sekolah, orang pinter dan pandai akan dapat derajat yang tinggi. Lain halnya dengan dunia kerja, orang berpengalamanlah yang punya kredibilitas tinggi memegang titik-titik nadi perusahaan”, tambahnya.

”Jadi jangan heran, kelak kalau sudah mulai bekerja, kadang orang dengan berpendidikan di bawahmu (merujuk kepada penulis) akan lebih dapat penghormatan”. Dari penjelasannya yang begitu santai tapi berbobot itu, aku kemudian mengurai-urai lagi makna yang tersirat di dalamnya.

Aku jangan sampai meremehkan rekan kerjaku. Jangan keburu menindas dengan semua teori yang dipunya. Perlahan saja. ”Yang penting adalah etos kerja dan attitude-mu”, Dia menyela disela senyum ketidaktahuanku.

Sudah berapa pula orang yang bilang skill and attitute adalah kunci sukses berkarir bersama perusahaan swasta. Dan managerku pernah bilang, ”Asah terus communication skill-mu, pabrik ini luas tak hanya melulu apa yang kamu pegang saat ini”. Ya, benar itu ramuan manjur untuk adaptasi di lingkungan kerja. ”Bergaul dan srawung”, kata mbak cantik itu.

Melihat optimisme dan harapan positif kepadaku oleh baik atasan maupun rekan sesama staff di tempat kerjaku saat ini, aku makin bersemangat dalam mendisiplinkan diri fokus pada amanah yang saya emban saat ini.

Aku terus menerapkan prinsip mau belajar untuk apapun yang baik.

Semoga hari esok tetap secerah atau lebih cerah dari hari ini.

Cheers..

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s