Tambahan..

Satu hal lagi yang menjadi keuntungan jalan-jalan ke customer-customer. Selain mendapatkan ilmu tentang proses produksi di customer, aku juga dapat teman baru. Juga jendela dunia yang baru pula. Inspirasi yang tib-tiba mencuat. Keakraban yang mulai terjalin diantara selingan masalah-masalah.

Nyatanya, aku dan mereka (customer) tetaplah manusia bukan mesin. Kita masih ada waktu untuk bertukar pikiran, menggali pengalaman lagi dan lagi.

Ceritanya kapan hari itu aku jalan-jalan ke sebuah perusahaan. Disana aku menemui orang quality. Sama sepertiku, orang quality juga. Dia menerangkan banyak teori praktis tentang mekanika teknik, karakterisasi material, dan perlakuan panas pada material. Sangat taktis dan praktis. Mencerminkan kedalaman ilmu yang ia miliki. Sontak aku berpendapat kalau dia adalah orang teknik yang berkecimpung lama di dunia manufaktur.

Ternyata aku salah, beliau berbackground informatikan. Mengawali karier dengan menjadi operator mesin manufaktur. Padahal ia lulusan sarjana. Tujuannya, mendapat pengalaman dari bawah, tahu lapangan, dan kesempatan belajar lebih. Akhirnya lambat laun dia makin berisi. Bahkan orang teknik pun bilang, ”kok situ lebih ngerti daripada saya?”

Dan bukan itu saja. Cerita demi cerita terlontar. Akhirnya sampai pula sama yang pribadi-pribadi. Dia memutuskan menikah muda. Targeet minimal umur 21 dan maksimal umur 22. Kala itu sudah hampir umur 22, tapi belum juga menikah. Akhirnya ia menghubungi 17 cewek, dan akhirnya nemu satu dengan jawaban yang paling mantab, yaitu “kalau mau menikahiku dengan serius, temui orang tuaku”. Dan akhirnya ditemui bener dan akhirnya menikah. Sekarang sudah umur 30 dan memiliki 2 orang anak yang pertama sudah SD kelas 5 dan TK.

Sosoknya telah sangat dewasa. Sikap dan wibawanya terpancar. Orang benar-benar segan terhadapnya. Meetingnya bersama bos-bos perusahaan. Ditawari segala fasilitas yang nyaman dikantor. Tapi, ya apalah, suka orang beda-beda. Dia tetap memilih di lapangan.

Hebat, yang soal menikah muda itu sepertinya asyik dan boleh lah jadi inspirasi untuk menentukan target-target masa depanku. Masa depanku sungguh masih panjang. Pengalaman apapun masih dapat ku gali.

Bismillah..

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s