Mengolah dapur blog, meracik masa depan

Statistik blog WordPress

Bagai sayur tanpa garam ketika blog tidak dilengkapi dengan summary pencapaian dan jumlah pengunjung yang telah mampir dan menengok tulisan kita. Rata-rata, penulis blog ingin tulisannya dibaca oleh orang lain. Karena memang itulah fungsi blog sebagai media publik.

Salah orang dipenjara kalau ada blogger yang tak ingin tulisannya dibaca khalayak. Mending nulis diary saja, untuk konsumsi pribadi.

Karena aku menulis di blog ber-platform WordPress. Aku ingin mengulas dan menyibak sedikit rahasia bagaimana bentuk dapur statistik milik WordPress ini.

WordPress telah menyediakan fitur statistik yang mendukung blogger untuk berkembang lebih jauh. Fitur tersebut memungkinkan pemilik, penulis, dan pengelola blog dapat menelaah, mencermati, dan menganalisa hasil kerjanya selama menulis di WordPress.

Menurut saya, WordPress telah menyajikannya dengan sangat lengkap. Klasifikasi berdasarkan hari, minggu, bulan, dan tahun sangat memudahkan admin untuk mendapatkan rangkuman yang memuat jumlah tampilan dari tulisan-tulisannya.

Penyaringan tulisan berdasarkan tampilan terbanyak, dibuka melalui mesin pencari, akun WordPress lain yang diikuti, atau dari laman WordPress lainnya. Bahkan kita bisa tahu dari negara mana pembaca kita. Dan juga term-term apa saja yang paling banyak dicari orang melalui mesin pencari sehingga dapat merujuk, mengacu, dan kemudian menuju ke blog kita.

Yang paling kekinian, terobosan WordPress adalah insight atau wawasan. Dimana statistik sepanjang masa kita dipampang jelas. Total tulisan, tampilan, pengunjung, dan tampilan terbanyak dalam sehari. Elegan dan easy to catch lah pokoknya. Hari terbaik dimana blog kita sering diklik. Dan jam-jam ramai pengunjung.

Trend tergambar jelas pada histogram yang ditampilkan pada paling atas halaman. Diagram batang dapat dipilih berdasarkan view, pengunjung, suka, dan komentar.

Dari semua yang tersaji itu, sebenarnya, kalau kita mau mengolahnya, bakal banyak yang dapat kita lakukan. Kita bisa merencanakan strategi penulisan untuk kemudian hari. Berdasarkan experiance sejauh ini, dapat diketahui tema dan topik tulisan yang mana yang paling banyak diminati pembaca.

Wawasan yang menampilkan pencapaian sepanjang karier menulis bersama WordPress. Lumayan juga tulisan yang pernah aku terbitkan yaa..
Wawasan yang menampilkan pencapaian sepanjang karier menulis bersama WordPress. Lumayan juga tulisan yang pernah aku terbitkan yaa..

Sejauh perhatianku pada statistik di dapur blogku, aku menangkap dua hal. Pertama, tulisan wisata ketika maniak jalan-jalan dulu berdampak besar pada perjalanan statistik blogku. Bayangkan, aku pernah mendapatkan 1.847 views per day hanya karena booming suatu tempat wisata. Dan di hari biasa, aku mendapatkan 600 views per daya. Sesuatu yang sangat mustahil aku dapatkan jika aku hanya menulis soal curhat sehari-hari.

Akhir-akhir ini loyo. TT
Akhir-akhir ini loyo. TT

Dari situ aku belajar, dulu aku memang punya banyak waktu untuk jalan-jalan. Sekarang sudah tiada lagi. Bukan waktunya lagi. Fokus kerja dan menata masa depan.

Kedua, tulisan tentang ilmu metallurgy. Sayang ketika kuliah dulu, tulisan tentang materi kuliah sangat minim. Lembek dan kurang masif. Padahal, yang membuat statistik tetap bertahan pada 300an keatas adalah tema tentang materi kuliah itu.

Tampilan berdasarkan tahun
Tampilan berdasarkan tahun

Sekarang aku menginjak dunia yang berbeda. Aku yang sekarang tidak sama dengan 5 tahun yang lalu. Juli 2015 tepat dimana aku menginjak akhir kelas 2 SMA, aku menulis tentang Rancangan Percobaan Pelajaran Biologi, aku masih ingat gurunya killer banget. Saat masih ingusan menuliskan tentang tugas-tugas sekolah dulu.

Aku sama sekali beda. Tapi keinginan untuk berbagi tentang ilmu-ilmu selama sekolah dan kuliah terus membayangi. Buat apa ilmu kalau hanya dibawa mati sendiri?

Laporan akhir tahun pencapaianku bersama WordPress.

Selamat malam.

6 thoughts on “Mengolah dapur blog, meracik masa depan

  1. wow keren, sampai 1000 an yak..
    200an itu udah lumayan mas, aku aja masih beranjak di angka 30-40 per day..
    tapi ya kudu disyukuri, mengingat masih pemula dan baru 3 bulan di worsped ini

  2. Huhu blog saya lebih tua (dari 2012) tapi nggak se-progresif blog ini. View per day masih belum sampe 3 digit nih. Dulu pernah bahkan ampe ribuan tapi karena ya ada tulisan yang emang berhubungan sama tren topik hari itu. Mau nulis topik serupa, tapi males, haha

    1. Blog ini di-create Mei 2013, tapi beberapa tulisan diimport dari wordpress lama yang dibuat sekitar pertengahan 2010. Bulan pastinya lupa. Berkat tulisan lama, perkembangan pengunjung lumayan konsisten. Hm.. blog ini masih apa atuh 😀
      Sama sih, tulisan yang lagi rame adalah ttg materi kuliah, sayangnya kalau disuruh nulis tentang itu, bawaanya berat banget wkakak 😀

  3. Wah hebat tuh bisa mencapai angka segitu mas, kalau saya mah sebenernya pengen banget bisa nulis rutin gitu, tapi apa daya kegiatan di perkuliahan cukup padat, apalagi saya masih maba. Hehehe tapi emang sih, kalau mau sukses itu harus ada yang dikorbankan. Sejauh ini pun artikel yang saya tulis di blog juga amsih gado gado kwkwkwk belum spesifik genre tertentu. :’)

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

