Refleksi Kisah Naruto dalam Perjalanan Dunia Nyata

Naruto dan Dunia Saat ini

Sudah lama aku ingin menulis cerita tentang refleksi dari serial cerita dari Naruto ke dalam kondisi kekinian dunia. Atensiku tertarik dan semoga menjadi pengulas yang pertama tentang ini.

Aku suka bagaimana Mashashi Kisimoto berkisah tentang legenda Ninja di Jepang. Bertolak dari itu, dia menulis dari pendekatan dan sasaran pada konsumsi anak-anak hingga dewasa. Satu satunya film anime yang aku suka yang dari kecil aku ikuti hingga jadi om-om yang sudah berkumis lebat ini.

Di dalam perjalanan Naruto terkandung banyak falsafah hidup, prinsip-prinsip yang dapat ditiru, motivasi untuk bertindak, dan tentang semangat yang berkobar.

Sekilas tentang Siapa Naruto

Perjuangan Naruto sehari-hari, menerima ejekan karena tingkah bodohnya. Tidak bisa menggunakan jutsu yang keren dibanding teman-teman yang lain. Suka berbuat onar. Tetapi dalam hatinya ada tekad yang kuat untuk melampaui teman-teman bahkan pendahulunya. Dengan tidak menjatuhkan teman, dia malah membantu dan begitu care terhadap teman-temannya. Dia mendorong orang lain untuk berbuat baik.

Naruto mode sennin (sumber gambar: naruto.wikia.com)
Naruto mode sennin (sumber gambar: naruto.wikia.com)

Kepeduliannnya itu yang membikin teman-temannya iba dan mengakui sebagai teman yang baik. Teman-temannya menghormati cita-citanya menjadi Hokage (pemimpin desa konoha).

Sasuke, Sakura, dan Naruto dalam Hidupku

Mungkin alasan paling real dari sukanya aku terhadap film Naruto adalah kecocokan karakternya terhadap real kehidupanku.

Meskipun aku lebih mirip dengan Sasuke. Bukan mirip sih, tapi ngefans saja dengan jalan pikirannya. Dia penuh rasa dendam, kesepian, dan dingin. Pemarah dan keras kepala. Dia deselimuti oleh ambisi, keinginan, dan harapan yang begitu tinggi. Tapi sejatinya memiliki jiwa yang baik dan luhur. Sayang, karena tertutup oleh rasa benci, maka cinta itu tak terpancar keluar. Malah menjadi beban yang meledak di dalam kepala.

Semua pusatkan ke otak dan meledak dalam kekuatan mata bermana Sharingan.

Aku punya teman yang mirip dengan sifat karakter dari Naruto. Teman akrab. Dia memang sedikit gila tetapi dia mudah bergaul dan memiliki banyak teman. Sedangkan aku tidak punya teman selain dia. Hari-hariku sering aku habiskan untuk bercerita dengannya. Tetapi aku tidak menganggapnya spesial. Sedangkan dia menganggapku begitu spesial. Persis dengan Naruto yang segitunya menganggap Sasuke sebagai teman, padahal Sasuke tak mengakui keberadaannya.

Tiga jalan buntu, legenda sannin. Kita bertiga (sumber gambar: infocetar.blogspot.com)
Tiga jalan buntu, legenda sannin. Kita bertiga (sumber gambar: infocetar.blogspot.com)

Dan diantara kita ada satu teman cewek yang mirip dengan Sakura. Dia pendiam, penakut, tapi karena sangat cintanya pada Sasuke, dia membangun kekuatan untuk tetap tegar dihadapan Sasuke.

Dan kenyataan memang demikian. Naruto sangat menyayangi dan melindungi Sakura. Tak ingin teman ceweknya disakiti oleh dinginnya sikap Sasuke yang tak menggubris keberadaannya. Mungkin malah tidak dianggap sebagai teman.

Sakura lebih dekat dengan Naruto. Dan demikian pula realitasnya dalam hidupku.

Diam-diam, sasuke memang menyimpan rasa pada Sakura. Tetapi tidak terlampiaskan dalam realitas sikap dan perbuatan, lebih tergolak didalam basis hati saja. Dan berdasarkan cerita di Naruto, Sasuke akan menikah dengan Sakura, akan kah aku juga demikian?

Wallahu a’lam.

Mugen Tsukoyomi dan Mekanisme Rantai Kerakusan

Selain dari kecocokan itu, ada satu hal yang menarik untuk dimunculkan ke permukaan. Tentang kehadiran Madara, Genjutsu (semacam hipnotis mata) tingkat dewa yang disebut Mugen Tsukoyomi, pohon dewa, Gedou Mazou (Patung Gedo), Biju, Jubi Kaguya, dan kaitannya dengan Sasuke, Sakura, dan Naruto.

Ceritanya begini, Madara hadir sebagai reinkarnasi dari Indra (Anak Rikudou Senin yang terbakar api dengki pada adik yang mewarisi kekuatan sang ayah) yang rindu keabadian dan kekuatan untuk menggerakkan semua orang dalam mimpi yang indah.

Indra hadir dengan keras, kejam, dan cenderung mengintimidasi dan memaksa orang supaya ikut dalam jalan pikirannya.

Madara selalu kalah perang melawan Hashirama (reinkarnasi Ashura yang memang memiliki kekuatan cinta dan porsi Chakra Rikudou yang lebih besar). Madara berinisiatif mengawinkan darah Klan Uchiha dan Senju untuk memperoleh keabadian. Akhirnya Rinnegan (Mata Tuhan yang bisa menghidupkan orang mati dan berbagai macam keistimewaan lain) dibangkitkan.

Akatsuki menjadi suksesor untuk mengumpulkan cakra Biju yang tersebar dan dikumpulkan di dalam Patung Gedo. Patung Gedo yang telah terisi oleh biju-biju tak lain adalah pohon dewa (seperti Mokuton milik Hashirama yang dapat menyerap semua chakra yang menempel diatasnya). Yang mana kalau dia diserap oleh seseorang yang memiliki Rinnegan, Chakra rikudou akan sempurna terkumpul.

Sayang, ekor sembilan Naruto yang tak bisa masuk waktu itu. Memang disetting demikian, agar cerita tetap berjalan. Dan Sasuke dengan kekuatan mata Susano’o-nya tetap memiliki rival tak terkalahkan oleh Naruto dengan Ekor Sembilan di dalam perutnya.

Ekor sembilan memang direka untuk terbelah menjadi dua Chakra pada saat penyegelan oleh Yondaime Hokage yang tak lain adalah ayah Naruto. Sehingga memungkinkan alur cerita yang berbelit belit karena endingnya memiliki prajurit yang dapat digerakkan lebih luas misalnya Naruto vs Madara atau Naruto vs Sasuke.

Sesuai dengan Tablet Batu Uchiha, bahwa ketika kekuatan Rinne diarahkan ke bulan dengan energi dari semua biju terkumpul, maka akan membentuk Genjutsu super dahsyat kepada semua orang di dunia. Mugen tsukoyomi telah diaktifkan. Bulan bersinar terang di malam hari melebihi sinar matahari. Orang yang terkena genjutsu akan terbungkus oleh pohon dewa dan dalam mimpi indah. Orang-orang akan terjebak mimpi indah yang kekal, tidak ada gesekan, dan konflik. Damai dan abadi. Tanpa pertumpahan darah.

Nyatanya, madara bukan sebagai Raja tetapi hanya sebuah Pion yang digerakkan dan menjadi budak atau kartu trop bagi sang perencana sejati. Yaitu zetsu hitam, yang tak lain adalah perwujudan dari keinginan kaguya, leluhur dari chakra. Keinginan untuk mewujudkan 1 konsentrasi pusat dari chakra.

Semua yang ada di dunia Shinobi, dialah sutradaranya. Yang merancang kebangkitan Kaguya (Simbol iblis yang rakus), dimulai dengan memunculkan dendam dan benci Indra pada Ashura. Penipuan, pembohongan isi dari tablet batu yang ditulis oleh Rikudou Sennin. Tentang isi tablet yang diselewengkan untuk kepentingan Kaguya yang dijalankan oleh Zetsu Hitam.

Di awal, Zetsu Hitam seolah merupakan perujudan keinginan dari Madara. Seolah Zetsu Hitam menjadi tangan kanan Madara untuk mewujudkan cita-cita damai abadi. Nnyatanya, disaat-saat terakhir, Zetsu Hitam berkhianat dan mengungkapkan siapa sebenarnya dirinya.

Madara tinggal nama. Dan ketika semua orang berada dalam Genjutsu mugen tsukoyomi ternyata akan diekstrak chakranya, diserap oleh pohon dewa kemudian masuk menggumpal dalam satu titik chakra, plus chakra jubi, dan rinnegan. Itulah kaguya.

Refleksi Kisah Naruto pada Dunia di Era Kini

Dan dunia ini sedang berada dalam Mugen Tsukoyomi Kaguya. Kaguya adalah perwujudan dari seorang yang amat rakus hidupnya. Sehingga kepemilikan orang lain, ia serap untuk kekenyangan perut pribadi.

Mirip dengan bagaimana para bankir dan perintis New World Order menyerap harta, kekayaan, hasil bumi, barang riil, emas, mineral tambang, hasil tani, ladang, dan segala kekayaan di bumi melalui mekanisme hutang. Mekanisme ketergantungan. Menciptakan rekaan uang kertas yang didesain dari perjalanan panjang mempresepsikan orang banyak agar mereka tak lagi mengetahui intrik busuk didalamnya.

Mereka merencanakan dengan detail dan terarah. Bagaimana sebuah atau bahkan semua negara menghadapi krisis ekonomi. Muncul lah pahlawan bernama IMF atau The Fed. Memberikan suntikan dana kepada negara yang terdampak krisis. Bagi negara yang sedang runtuh, collapse, demo dimana-mana, kericuhan, stabilitas keamanan terganggu, perampokan, ketimpangan, kekacauan ada dimana-mana, tak ada jalan yang paling pintas selain meminjam uang pada Sang Hero.

Disitulah titik awal penyerapan hasil kekayaan bumi nusantara dilakukan.

”Kita bayar hutang hanya untuk melunasi bunga-nya”, kata Mentri Ekonomi-nya. Cara melunasinya bagaimana? Dengan menjual apa yang ada di bumi negara tersebut, sumber daya alam dan manusianya. Rakyatnya dibebani oleh pekerjaan 7 jam sehari selama 6 hari kerja. Non-stop. Hanya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya selama seminggu kedepan.  Inilah proses penyerapan Chakra semua orang di dunia demi terbentuknya Iblis yang rakus bernama Kaguya.

Penyerapan semua hasil bumi oleh si rakus (the-newshub.net)
Penyerapan semua hasil bumi oleh si rakus (the-newshub.net)

Bagi rakyat, iming-iming gaji yang tinggi, penawaran belanja yang variatif, dan kenyamanan hidup yang ditawarkan sebagai karyawan baik swassta maupun pemerintah sudah cukup menghipnotis. Tidak lagi sadar bahwa semua orang sekarang sedang dalam genjutsu kaguya yang setiap detik menguras dan menyerap hidup kita. Tanya pada kebanyakan orang, ”apakah hidup anda sudah enak?”, jawab mereka pasti, ”Sudah lumayan” atau ”Dicukup-cukupkan”. Tidak ada yang sadar akan mekanisme besar penyerapan energi di bumi yang terstruktur ini. Semua orang terjebak Genjutsu yang indah sehingga tak sadar lagi bahwa Chakra mereka sedang diserap melalui ranting-ranting, cabang-cabang, akar-akar, dan rantai kerakusan. Orang menganggap bahwa kehidupan modern telah cerah oleh sinar matahari. Tidak sadar bahwa padahal sekarang masih malam, gelap, gurita, hanya disinari bulan dengan hawa kejahatan iblis yg memerah layaknya mugen tsukoyomi itu. Bulan memerah dengan aura jahat.

Banyak kartu trop yang dikeluarkan dan dibuka terang terangan oleh perwujudan keinginan dari kerakusan para perancang dunia saat ini. Banyak rantainya mengaku telah dapat kenyamanan hidup yang mentok. Kekayaan melimpah. Punya saham dimana-mana. CEO perusahaan super bonafit. Bisnis dimana-mana. Yang kerjaannya hanya nongkrong, kesana kemari, hidup dari penderitaan bawahan yang super duper menyakitkan itu.

Kerja orang bawah adalah kerja rodi, mengabaikan keselamatan manusia demi bisnis tetap berjalan. Waktu sholat dipangkas. Waktu ibadah nomor sekian. Kejujuran ditiadakan. Kejernihan pikiran ditumpulkan. Fisik manusia dipakai untuk memproduksi barang mewah.

Berbohong kesana-kemari agar bermanis-manis supaya kerjasama tetap terjalin. Profit terus mengucur. Dan bawahan tidak merasa tertekan dengan gaji pas-pasan.

Mereka (para pemilik perusahaan) menyangka hidupnya telah aman. Padahal tidak. Mereka bukan pucuk dari rantai kerakusan. Mereka hanya pion. Ada orang dibalik itu. Terdapat planner super keren dibelakangnya. Bahwa suatu saat, ketika pucuknya bilang krisis, para pion akan bunuh diri, gantung diri menyadari bahwa apa yang mereka kumpulkan dan tumpuk selama ini hanyalah sampah kertas yang tak bermakna.

Mereka akhirnya menyadari, uang, rumah, motor, mobil, besi, baja, lemari, kasur, hotel, properti, truk, kontener, pabrik tidak bisa dimakan. Di saat-saat itu mungkin orang banyak mengalami kelaparan, akhirnya tak ada beda dengan tikus yang memakan apa saja yang ada di depannya, termasuk sesama manusia di depannya.

Pengikhianatan telah biasa dilakukan atas nama bisnis yang lebih menguntungkan.
Pengikhianatan telah biasa dilakukan atas nama bisnis yang lebih menguntungkan (Sumber gambar: nurudin.jauhari.net).

Mereka tak ubahnya sebagai Madara yang ke-cele’ dalam merencanakan jalan hidupnya. Madara tertipu oleh kebohongan mengenai konsepsi internasional, perjanjian, dan kesepakatan pasar bebas. Perjanjian-perjanjian yang semula menguntungkan bagi diri sendiri, nyatanya sudah jatuh tertimpa tangga pula. Ternyata kesepakatan itu akan memberikan jalan bebas hambatan bagi kaum perampok untuk membegal paksa dan mengusir halus pemilik tanah.

Barang yang bermakna, berharga, bernilai, dan riil kemana, semuanya telah masuk kedalam kantong saku pucuk kerakusan. Mereka seperti tikus kekenyangan yang memakan apapun yang dia dapatkan dari semua orang di dunia. Pada hakikatnya saling meniadakan, hingga ia memakan dirinya sendiri. Yang ada tinggalah kerakusan dan barang tak ada harganya.

Kehadiran The Real Heroes

Tapi aku yakin, sesuai dengan alur cerita Naruto. Akan ada penyelamat dunia. Dia adalah tiga sejoli dengan perbedaan karakteristik yang mencolok tetapi memiliki keterikatan batin sehingga ketika muncul sebagai team tanpa perlu latihan bersama mereka langsung match. Dan memiliki misi menyelamatkan dunia. Mereka memiliki pikiran yang lugu tetapi berkeyakinan teguh. Bahwa tujuan hidupnya adalah beribadah kepada Allah.

Real heroe datang membawa Rikudou Chibaku Tensei (naruto.wikia.com)
Real heroe datang membawa Rikudou Chibaku Tensei (naruto.wikia.com)

Bahwa setiap manusia yang lahir di bumi telah dicukupi rezekinya. Bahwa akan ada balasan bagi setiap orang yang berbuat baik.

Oleh karenanya, pikiran mereka bagaimana berbuat baik pada orang lain, pada Allah, dan pada makhluk Allah yang lain. Aamiin..

Wallahu ’alam. Allah adalah sutradara terbaik. Allah tahu yang terbaik. Bukan Mashashi Kishimoto.

Last word but not least.

Selamat malam.

Disclaimmer: Tulisan ini disusun berdasarkan riset dan pengetahuan pribadi terhadap yang yang telah saya lihat dan refleksi pada pengamatan dunia saat ini. Boleh jadi salah kaprah. Dan mohon masukan bila ada cerita Naruto yang tidak sesuai. Sejauh pemahaman ya segitu. Thanks.

Advertisements

14 thoughts on “Refleksi Kisah Naruto dalam Perjalanan Dunia Nyata

  1. keren ulasannya…
    emang hampir mirip ya, sepertinya masashi kisimoto menciptakan peran antagonis akatsuki selayak organisasi freemason dengan project neo ordo (kalau gak salah, lupa aku)
    sama halnya dengan tsukoyomi, projek neo ordo itu untuk menciptakan dunia baru dengan satu kekuasaan..
    wes pokoke keren dah ulasannya..
    aku jga penggemar naruto..

  2. Saya punya dua tulisan tentang Naruto di blog ini, tapi lupa di sebelah mana 😅 Saya juga penggemar berat Naruto. Komiknya lengkap saya koleksi: vol 1 – 72 🙂

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s