Hadiah Naruto untuk Kemerdekaan Indonesia

Dimulai dari Naruto dulu ya.

Dulu ketika kecil naruto selalu sendiri. Hidup sebatang kara. Kedua orang tuanya meninggal. Naruto belum tau kenapa dirinya dijauhi orang-orang. Mungkin karena misteri rubah ekor sembilan yang tertanam pada diri naruto menciptakan trauma hebat. Tak lain adalah peringatan ketika Si Rubah mengamuk dan meluluh lantakkan seluruh isi konoha. Dan menewaskan kedua orang tua naruto. Atau bisa jadi penyebab yang lain.

Sekedar preface. Bahwa saat itu, perang saudara juga sudah memanas bak antar klan di dalam desa konoha atau serangan antar desa. Pertumpahan darah dimana-mana. Ditambah dengan didengungkan lagi tragedi masa lalu yang menciptakan kesedihan dan kesengsaraan bagi nenek moyang. Kudeta klan uchiha dilaksanakan.

Kecuali satu, sasuke tetap dibiarkan hidup dan menemui cahaya dengan jalannya sendiri. Berguru dengan orochimaru yang licik dan kemudian menikam dari belakang. Akhirnya sang guru pun mati.

Bertubi-tubi jalan gelap terlampaui. Akhirnya mempertemukan pertikaian antara adik dan kakak. Ya sang kakak yang tak pernah terkalahkan. Dia, itachi yang menjadi pahlawan dalam bayangan. Dia dibenci semua orang baik musuh maupun teman di desa. Tetapi jasanya menyelamatkan klan dan desa sangat tinggi.

Tapi sang adik tetap kekeh bahwa kakaknya brengsek telah membunuh semua klan. Dan akhirnya kakaknya sendiri mati di tangan sang adik.

Meskipun mati, itachi tetap menyayangi sasuke. Makanya dia membiarkan adiknya hidup dan memasrahkan pada naruto agar dituntun pada cahaya.

Perseteruan antar klan, antar individu terwakili oleh rasa over confidence dan tidak mau kalah. Itulah rival abadi sasuke vs naruto. Sasuke dengan segala kesombongan akan kekuatan ingin membasmi dan menghabisi naruto. Sedangkan naruto berangkat dari keinginan untuk menyelamatkan sasuke, menunjukkan jalan yang benar, dan membantunya menemukan cinta. Mereka beda prinsip dan terus berperang.

Hingga banyak hal yang telah terjadi. Penjelasan pendahulu desa, para hokage, telah merubah pikiran sasuke. Dia malah ingin menjadi hokage dengan menawarkan revolusi tentang perdamaian dengan versinya sendiri. Dia ingin menahan rasa sakit sendiri dalam gelap, dan melepaskan semua ikatan cinta dengan orang terdekat serta mengendalikan dunia dengan kekuatan.

Aliansi ninja vs madara (sumber)
Aliansi ninja vs madara (sumber)

Tapi pada saat itu juga hal buruk sedang terjadi. Muncul musuh bersama yang akan memusnahkan dunia bernama madara yang kemudian menjadi kaguya. Perang saudara dihentikan. Orang-orang ketakutan. Mereka membentuk aliansi ninja untuk menahan kekuatan dewa, madara, atau kaguya.

Tak luput juga sasuke. Dia bergabung dengan aliansi bersama naruto dan sakura. Lengkap lah sudah tim tujuh. Mereka menyatu membentuk kekuatan teamwork yang sangat solid. Tujuan mereka satu, yaitu menghilangkan kaguya dari muka bumi. Karena selama dia hidup, semua chakra akan diserap dan dunia akan semakin layu. Orang takut kareana akan mati dalam genjutsu dan menjadi budak / pasukan zetsu putih.

Di komandoi oleh ahla taktik dari klan nara konoha. Aliansi ninja melakukan serangan dengan rapi. Tapi ending dari semuanya diselsaikan dengan baik oleh tim tujuh yang mendapatkan kekuatan dewa, yaitu rikudou sennin. Akhirnya mereka dapat menyegel kaguya ke bulan menggunakan Rikudou Chibaku Tensei yang sangat kuat itu.

Setelah perasaan senasib sepenanggungan dalam melawan satu musuh itu selesai, perang saudara kembali memanas. Karena dibalik perjuangan itu mereka tetap mereka. mereka tetap berangkat dari niat yang berbeda juga prinsip hidup yang berbeda pula.

Sembari orang-orang masih terjebak dalam genjutsu, sasuke tidak menyia-nyiakan keadaan untuk menumpas naruto. Padahal baru saja mereka saling membantu dan bekerja dalam tim. Sekarang mereka kembali bertarung mengadu kekuatan dan tekad pertahanan terhadap prinsip yang dipegang masing-masing.

Dia akhir cerita, tentang sebuah kesetaraan antara sasuke dan naruto, akhirnya mereka sama-sama hancur. Dan memutuskan untuk saling mengerti dan akhirnya menyelamatkan dunia dengan menggagalkan mugen tsukoyomi dengan jutsu tikus yang dibentuk dari keduanya. Seluruh desa akhirnya terbangun dan damai.

Kemerdekaan Indonesia

Mungkin korelasinya agak memaksakan. Tetapi aku coba sehalus mungkin dalam merangkai serpihan kisah yang sulit untuk disambungkan ini.

Dirgahayu negeriku tercinta (sumur)
Dirgahayu negeriku tercinta
(sumur)

Indonesia berangkat dari nusantara. Nusa-nusa yang terikat secara nasib dan penanggungan. Pada mulanya nusa-nusa, suku-suku, etnis-etnis saling berperang, saling memusnahkan satu dengan yang lainnya. Tak lain untuk memperlebar kekuasaan, memperlihatkan keampuhan, menjadikan suatu pengaruh yang lebih luas.

Perbedaan prinsip, kenangan masa lalu yang pahit, dendam kesumat antar individu atau antar kerajaan biasa dipakai sebagai latar belakang penyebab perang. Dan ketika pengaruh agama tertentu telah bergeser, itulah momentum yang agung untuk mengeksekusi perang. Kerajaan lain tak mau kehilangan martabat, lebih mementingkan kehormatan sebagai esensi atau entitas pemerintahan yang utuh. Mereka memillih perang daripada jalan damai dengan menerima sebagian aturan (seperti bayar upeti) yang dibikin oleh sang rival.

Hidup terhormat atau mati. Itulah prinsip mereka. Perang saudara pecah dimana-mana. Mata-mata dipasang dimana-mana. Semua saling curiga.

Hingga suatu entitas yang lebih tinggi derajat keilmuannya datang untuk menyerap semua kekayaan di Nusantara. Mereka, belanda menggunakan prinsip adu domba, pecah belah yang sering disebut Politik Devide at Impera. Seperti halnya Zetsu Hitam. Yang niat aslinya adalah untuk mendapatkan hati keduanya, agar memunculkan ketidak-sukaan terhadap suku lain.

Tapi benar, layaknnya aliansi ninja, beruntung kerajaan-kerajaan yang mayoritas islam itu segera menyadari kemunjunculan imperialisme dan kolonialisme. Mereka semua merasa rugi oleh datangnya pihak asing yang terus menguras hasil bumi di nusantara.

Merasa tanah airnya dijajah, akhirnya semua suku dan kerajaan memutuskan untuk bersatu dalam nasib dan tanggungan yang sama yaitu mengusir penjajah dari nusantara. Mereka bersatu dalam satu asa, Indonesia Merdeka. Cita-cita yang sangat mulia itu akhirnya terwujud. 17 Agustus 1945, Indonesia lahir. Setelah melalui perjuangan pra dan pasca kemerdekaan yang panjang dan pedih itu, akhirnya semua rakyat merasakan kebebasan bernafas.

Dan perlahan seiring kepentingan dan kerakusan yang memang tersemat dalam hati manusia, perseteruan antar suku kembali mencuat menjadi buah bibir dimana-mana. Yang ku tau, Jawa Barat dengan Jogja. Jawa Timur dengan Jakarta. Dayak dan Madura. Kecurigan Bali terhadap Lombok. Sasak crash dengan budaya Bajo di Sumbawa. Bima dengan Manggarai. Manggarai dengan suku lain di Flores. Mereka merasa aman di dalam suku sendiri dan menganggap segala kejahatan sosial itu muncul dari pihak eksternal. Suku lain adalah satu-satunya biang kerok yang harus disalahkan. Tak jarang, cek cok memanas dan adu kesaktian dan menghunus pedang dan senjata.

Belum lagi elit organisasi di atas. Ormas islam yang saling menuduh kafir sesama pemeluk agama islam. Isu tentang bid’ah, halal-haram, teknik beribadah, ritual khusus dan segala perbedaan lain. Yang kristen terlalu banyak alirannya, jemaat gereja protestan yang begitu bervariasi dan tak boleh menyentuh gereja dengan aliran lain.

Persatuan semakin kabur. Perang antara Sasuke dan Naruto semakin kentara di berbagai aspek kehidupan. Mereka lupa dulu pernah bersatu melawan satu musuh yang sama. Kini musuh telah menyelinap dengan bentuk lain, kita tak sadar. Malah sibuk dengan perbedaan-perbedaan yang memunculkan rasa tidak suka dan fanatisme tak berdasar.

Segeralah definisikan musuh bersama kita. Temukan persamaan sebagai cikal bakal persatuan.

Segeralah sadar wahai bangsaku. Akan aku beri sedikit sajak kaku dari jiwa yang aku usahakan telah setulus dan sehalus mungkin.

Dirgahayu Indonesiaku.

Semoga tetap jaya selalu.

Tanah air yang sangat aku cintai.

Jangan engkau rapuh dan merasa lemah sebagai bangsa.

Tunjukkan taringmu.

Jangan mau diperbudak oleh konsorsium besar dunia berasaskan globalisasi yang menawarkan kesejahteraan semu itu.

Jadilah pemimpin dunia, yang mampu memangku dunia yang bergerak menuju kehancuran ini.

Selamat ulang tahun, Indonesiaku.

Jayalah selalu.

8 Oktober 2016 untuk 17 Agustus 2016 yang telah lalu.

Advertisements

3 thoughts on “Hadiah Naruto untuk Kemerdekaan Indonesia

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s