Matematika adalah bahasa, fisika adalah puisi, biologi adalah cerita, dan cinta itu kamu

Di antariksa terdapat banyak galaksi. Ada sekitar 200 milyar bintang di galaksi Bima Sakti, salah satunya adalah matahari. Matahari sebagai pusat tata surya dikelilingi oleh planet-planet sebagai satu kesatuan sistem tata surya. Bumi merupakan planet yang terdapat kehidupan di dalamnya. Manusia adalah salah satu dari ±100 juta spesies yang hidup di bumi. Dan otak manusia tersusun dari 100 milyar neuron. Tersusun rapi mulai dari yang sangat besar tak terhingga hingga kecil tak hingga.

Ilustrasi dari berseru.com

Segala penciptaan yang sedemikian baiknya itu pasti ada Dzat yang menciptakan yaitu Allah SWT. Tidak ada yang namanya ateis ketika telah mengetahui kebenaran-Nya. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam. juga bersabda yang artinya,

“Berfikirlah tentang nikmat-nikmat Allah, dan jangan sekali-kali engkau berfikir tentang Dzat Allah.” (Hasan, Syaikh al-Albani dalam Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah [1788])

Pernahkah kalian berfikir bahwa dengan belajar biologi secara langsung atau tidak akan menjadikan kita sebagai makhluk hidup yang senantiasa bersyukur atas nikmat-Nya?

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): ‘Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka.'” (Ali ‘Imran: 191).

Kita telah mengenal istilah MIPA, singkatan dari Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Mathematics is a language, Physics is a poetry, and Biology is a story. Artinya sebuah cerita kehidupan yang dibingkai dalam puisi fisika menggunakan bahasa matematika. Biologi, Fisika, dan Kimia menjadi satu kesatuan dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan Matematika berdiri sendiri, karena Matematika adalah suhunya segala ilmu pengetahuan. Apabila dengan belajar biologi dapat mendekatkan kita pada Allah, mengapa tidak dengan belajar matematika?

Segala sesuatu berkaitan dengan matematika, baik untuk jurusan IPA dan IPS. Beruntunglah kalian sebagai lulusan matematika karena mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Selamat malam.

Advertisements

10 thoughts on “Matematika adalah bahasa, fisika adalah puisi, biologi adalah cerita, dan cinta itu kamu

  1. Judulnya bagus sekali.. Tipe2 yang mampu menarik minat cuma dari baca sekilas 👍🏼
    Memang segala penciptaan Allah SWT pantas untuk direnungkan dan disyukuri. Btw akhirnya itu, kok malah bahas mudahnya dapat pekerjaan 😂

  2. Matematika adalah bahasa, yup sepakat dengan simbol numeriknya. Menarik pernyataan fisika adalah puisi, indah sekaligus misteri…lah sulit paham fisika. Postingan yg sangat menarik.

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s