Apa itu Hafidhmind?

Hafidhmind adalah blog yang secara sistematis disusun berdasarkan cerita hari-hari, pengalaman, dan ilmu pengetahuan penulisnya. Ide-ide penulisan dalam blog ini terilhami oleh pengalaman masa lalu dan imajinasi masa depan. Hafidhmind berusaha mengaitkan semua term dengan Islam sebagai salah satu tools untuk mendapatkan kenikmatan dalam beribadah dan merepresentasikan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin.

Logo blog 2015

Dalam konteks Life, kami berusaha menampilkan cerita pendek tentang kehidupan sehari-hari, aktivitas di kos, di rumah, atau di kampus, di tanah perantauan ataupun kampung halaman. Tentu kisah yang dibagikan adalah bagian terunik, berkesan, dan bernilai untuk dipetik hikmahnya. Sehingga, selain sebagai bukti track record (rekam jejak) hidup penulis dari waktu ke waktu, tulisan tersebut juga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Sementara Science, hafidhmind mencoba turut serta mengembangkan khasanah ilmu pengetahuan yang suci sebagai aktualisasi terhadap kewajiban menuntut ilmu. Segi keilmuan yang dipaparkan tidak jauh dengan bidang penulis, yaitu ilmu alam, fisika, kimia, biologi, matematika, material, dan metalurgi. Sekarang penulis dan contributor di hafidhmind berasal dari banyak background. Ada yang lulusan Teknik Metalurgi, Teknik Design Manufaktur Perkapalan, Pendidikan Matematika, dan FMIPA Fisika. Lengkap sudah kombinasi dibidang teknik practical, fundamental theory, dan education based or just a light scientific information. Detail list penulis ada disini.

Dan Islam, yang berfungsi bukan hanya sebagai ritual ibadah mahdhoh saja tetapi juga menyangkut semua aspek dalam kehidupan. Karena kejadian dan peristiwa yang terjadi setiap hari tak lepas dari kuasa ilahi, maka perihal life (kehidupan) dan science (ilmu pengetahuan) harus diikat pada pondasi iman dan islam yang kuat.

Begitulah setidaknya filosofi pengambilan terminologi ”life, science, and islam” pada blog hafidhmind yang lahir berangkat dari keperihatinan dan kekecewaan terhadap tatanan hidup di masyarakat yang mulai terkotak-kotak, terpisahkan, dan tersekat oleh paham sekuler.

Lebih jauh, kami mengajak pembaca memikirkan kembali kebiasaan-kebiasaan, penempatan cara pandang, dan pembenahan cara berpikir melalui pendekatan sederhana dalam kegiatan olahraga, bersepeda, mendaki gunung, petualangan di alam, pemahaman terhadap tingkah laku sesama makhluk, dan ranah sosial kultural. Pendekatan yang dipakai tak lain karena hal itu merupakan passion dan hobby.

Dan dengan ilmu hikmah tanpa meninggalkan syariat, kesadaran diharapkan muncul sebagai representasi dari laa haula wa laa quwwata illa billah.

Best regards,

Hafidh Frian Perdana

Admin @hafidhmind

Pernah terbit sebagai menu di laman about pojok kanan atas.

Advertisements

7 thoughts on “Apa itu Hafidhmind?

    1. Heheh terima kasih sudah mengenali penulis di hafidhmind dg baik. Iya ketambahan kontributor nih. Semoga makin dapat melebarkan kebermanfaatan ditengah masyarakat. Aamiin

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s