Tentang kebermanfaatan ilmu yang kita miliki

Setelah sekian lama aku menulis hanya tentang hidup sehari-hari, petualangan, dan pengalaman yang ada hikmahnya. Aku sadar aku melupakan satu hal, yaitu tentang aspek Science yang ada di Judul Blog yang aku kembangkan ini.

ilustrasi dari ngasih.com

Judul blog yang luhur, menurutku. Keyword life science and islam. Disana terletak filosofi dalam tentang cita-cita mulia. Apa itu? Mengembalikan kejayaan islam dengan menghubungkan antara ilmu pengetahuan, pengalaman, dan juga ilmu agama.

Hampir setahun, blog ini kekeringan bahan bakar tulisan. Produk keluarannya hanya sebatas buah pikir keterpaksaan dalam bingkai sempitnya waktu senggang untuk menulis. Aku sadari, pareto tertinggi waktuku terkuras habis untuk bekerja dan bekerja.

Sudah hampir setahun aku lulus dari Jurusan Teknik Material dan Metalurgi ITS. Aku merasa sudah saatnya berbagi ilmu ini. Sempat terjadi pergulatan batin dalam progress penerbitan materi kuliah seperti ini. Aku ingin membagi ilmu, disisi lain aku dihantui oleh peraturan mengenai hak cipta. Misalkan aku share foto yang aku crop dari buku atau penelitian orang. Apakah itu melanggar hak cipta jika aku posting di blog.

Usut punya usut tentang hak cipta, secercah cahaya pun datang. Pelanggaran hak cipta terjadi kalau kita menyadur tulisan, konten foto atau video untuk keperluan komersial tanpa mencantumkan sumber. Pertama yang aku pastikan, aku mencantumkan sumber gambar dan aku share ini 100% untuk berbagi ilmu dalam rangka pengembangan pendidikan di Indonesia. Tidak ada unsur mau mengakui hasil karya orang lain menjadi milik sendiri, dan tidak ada unsur komersial dalam blog ini.

Akhirnya, aku mantapkan hati untuk publish beberapa tulisan berikut:

Pengertian, Diagram Fasa, Klasifikasi, dan Sifat Mekanik Baja

Pengaruh Unsur Paduan pada Baja

Kromium dan Karakteristiknya (Sifat Fisik dan Kimia)

Paduan Fe-Cr-C

Perkakas Potong (Cutting Tools)

Baja Perkakas dan Klasifikasinya

Baja Kecepatan Tinggi (HSS), Klasifikasi, Struktur Mikro, dan Sifat Mekaniknya

Pengecoran dan jenis-jenisnya

Sand Casting

Solidifikasi dan toleransi penyusutan pada pengecoran logam

Cacat pada Pengecoran dan Metode Inspeksinya

Furnace untuk Pengecoran Logam

Sejatinya, itu tidak murni tulisanku terbaru akhir-akhir ini. Tulisan tersebut hanya share dari hasil kerja keras selama kuliah. Yak, itu adalah tinjauan pustaka dari skripsiku yang berkosentrasi pada bidang pengaruh unsure paduan pada hasil coran baja untuk keperluan tooling / dies.

Tidak berniat untuk bangga diri atau sombong (Semoga Allah jauhkan kita dari sifat buruk tersebut). Tinjauan pustaka yang ku bikin pada waktu itu, 100% karya pribadi, artinya 100% baca dari literatur dan diterjemahkan sendiri. Tanpa copast dari skripsi senior dan tanpa penerjemah borongan ala google translate. Yang ingin ku tekankan disini adalah tentang perasaan lega dan puas diakhir pengerjaan skripsi apabila itu kita kerjakan dengan tulus ikhlas dan tanpa melakukan kecurangan. Mahasiswa yang hanya copast saja, akan merasakan biasa saja, seolah bergeming begitu saja. Tanpa ada perasaan mengharu biru karena keringat dan pilu perjuangan pengerjaannya yang berdarah darah itu. Say no to Plagiarism!

Aku sangat bersemangat untuk menuliskannya. Karena apa? Ya, dulu saya adalah travel writer. Pundi-pundi pengunjung dengan mudahnya aku dapatkan dari muda mudi tua keladi yang haus akan wisata dan piknik ala orang modern. Sekarang? Jangankan mau jalan-jalan, nulis ulang pengalaman wisata yang pernah aku lalui saja ogahnya minta ampun. Alhasil banyak tulisan wisata yang mandek ditengah jalan. Misalnya tulisan bersambung ke Indonesia timur, ke banyuwangi, dan bahkan ada yang tidak ditulis sama sekali contohnya ke bandung 8 hari 8 malam itu.

Ya, blogku dulu terkenal karena ulasan traveling di Lumajang. Tujuannya mempromosikan lumajang agar menjadi kota wisata. Ah itu dulu. Statistic blog menunjukkan penurunan signifikan ketika aku memutuskan untuk tidak lagi berkecimpung disana dan tidak lagi mengikuti trend wisata yang ada.

Aku terpuruk. Statistic anjlok dan timpang. Tapi sekali lagi, cahaya petunjuk akan datang pada saat kita menemui jalan suram dan gelap. Berkaca dari statistic tulisan wisata yang turun, ada trend tulisan tentang ilmu eksak naik deras, terutama tentang ilmu material, ulasan jurusan teknik material dan metalurgi, dan juga tulisan materi pelajaran ketika SMA dulu.

Jadilah aku mengejar itu. Menggenjot statistic menuju tulisan penuh manfaat yang juga bisa berkontribusi pada berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Juga dengan harapan Indonesia dalam mandiri secara keilmuan dan manufaktur. Jangan sampai kekayaan alam ini hanya dinikmati segelintir orang dan malah dieksploitasi oleh orang asing.

Semoga bermanfaat

Sore hari dikala kepala terasa berat dan badan masih menggigil.

Aku darma baktikan hidupku untuk kemajuan pendidikan dan terciptanya atmosfer belajar mengajar yang penuh dengan antusias yang tinggi. Karena Allah bilang, “Hai orang orang beriman, apabila dikatakan kepadamu,”Berlapang-lapanglah dalam majelis” maka lapangkanlah niscaya Allah aka member kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang orang yang beriman diantaramu dan orang orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Mujaadila 58 : 11)

8 thoughts on “Tentang kebermanfaatan ilmu yang kita miliki

    1. Alhamdulillah sebuah kenikmatan tersendiri bisa menyelsaikan perjuangan kala itu.

      Hm.. ada jalan pintas kalo mau statistik naik bahkan 500% dari sebelumnya. Triknya: pertama, forecast topik / issue yang akan menjadi trending atau booming, kemudian kita bikin tulisan ttg itu dan share dimedia potensial. Kedua bisa riset dulu kebutuhan informasi segmen pembaca tertentu, dan kita sediakan itu di blog kita. Quarantee (y)

      1. Semakin susah tantangan, kemenangan akan semakin nikmat 😀 (kayak gamer aja).

        Yep, aktual gitu. Tapi utk blogger slow pace ‘cem saya, cukup aman di update aja khekhe.. 😛

      2. Yep. Kecuali punya blog achievement lain. Monetizing misal 😣 atau cuma pengen populer aja. Maka meningkatkan statistik adl langkah penting. Every blogger have their way 😌

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

