Menurutku “Mathematics is a language”

​Banyak orang bilang matematika itu korelasinya sangat dekat dengan sains atau IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Biologi, Fisika, dan Kimia. Ketiganya tidak dapat lepas dari perhitungan angka-angka. Anggapan yang demikianlah membuat mayoritas orang menyimpulkan untuk terjun ke dalam dunia matematika harus menguasai sains. Namun faktanya, dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pun masih ada matematika, bahkan korelasinya lebih dekat. Misalnya dalam bidang ekonomi, matematika digunakan untuk menganalisa input dan output seluruh sektor ekonomi. Lalu, sebenarnya apa itu matematika?

Ilustrasi dari genggam internet

Pernahkah terlintas di pikiran kalian bahwa matematika adalah bahasa? Menurutku, dengan matematika kita dapat berkomunikasi lebih baik loooohhhhh. Kalian pasti bingung mengapa demikian, bukan? Wait, saya akan menjelaskan lebih lanjut.
Misalnya, berapa delapan dikali empat dikurangi sepuluh? Bukankah itu merupakan pertanyaan yang rancu, apabila kita ubah dalam bentuk matematika. Apakah yang dimaksud adalah (8×4)-10 atau 8x(4-10)? Apakah keduanya memiliki hasil yang sama? Tentu tidak, untuk (8×4)-10=4, sedangkan 8x(4-10)=-48. Jadi??????????????

Simbol-simbol matematika dapat digunakan untuk mempermudah kita dalam melakukan operasi-operasi matematika. Untuk penyelesaian suatu permasalahan, akan lebih jelas dan mudah dipahami apabila disederhanakan dalam bentuk pemodelan matematika. Sesuatu yang kompleks akan menjadi lebih sederhana dengan matematika, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa matematika.

Apabila kalian mengerti tentang filosofi matematika, kalian pasti menyadari bahwa kedudukan matematika digunakan sebagai upaya memudahkan kita dalam berkomunikasi dibandingkan dengan bahasa yang biasa kita gunakan sehari-hari. Oleh karena itu, kita membutuhkan matematika sebagai alat komunikasi, dengan kata lain Mathematics is a language.

Jadi mulai saat ini, biasakan membahasakan matematika karena kelak kita adalah matematikawan!

Advertisements

4 thoughts on “Menurutku “Mathematics is a language”

  1. Yep bener banget. Matematika itu merasuk di semua bidang ilmu. Mau IPA, IPS, maupun Soshum. Bedakan saja mungkin antara matematika dasar, matematika terapan, dan matematika murni biar gak terlalu memforsir sisi aksiologinya 😛

    1. Yupp.. kita lebih mudah menjelaskan suatu fenomena alam dg persamaan matematika. Orang lain mudah memahami. Saya biasanya menggunakan ilustrasi2 gambar kemudian merumuskan bahasa matematikanya dan akhirnya pecahlah masalah itu. Bismillah.

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s