Menjaga Hati untuk Tidak Merasa Nyaman dalam Melakukan Dosa

Ilmu yang aku peroleh dari orang tua keduaku..

Ilustrasi dari menulis & aku blogger

Rutinitas malamku tiap hari mendengarkan beliau mengajar, bercerita dan menyampaikan semua ilmu yang beliau miliki. Tapi juga banyak hal dan ilmu beliau yang aku lewati karena aku tertidur atau karena aku masih sulit memahami, maklum masih belajar. Mungkin hanya secuil ilmu yang bisa aku nikmati dari beliau. Salah satunya tentang hati? Bukan masalah percintaan lhoo yaa..
Dalam diskusi malam itu beliau bercerita bahwa dosa merupakan sesuatu yang dilakukan tapi membuat hati kita tidak nyaman , tidak tenang ataupun gelisah dan juga kita tidak suka hal tersebut diketahui oleh orang lain. Tapi bagaimana kita bisa merasa tidak nyaman/ tidak tenang ataupun gelisah akan sesuatu hal? 

Nah itulah pentingnya ilmu. Seseorang dapat membedakan mana yang benar dan salah adalah dengan ilmu. Aku jadi membayangkan kalau aku tidak memiliki ilmu aku pasti banyak melakukan kesalahan yang tidak aku ketahui, tapi meskipun aku punya ilmu apa aku bisa selalu benar? Tidaklah, karena manusia itu tempatnya salah. Nah minimal kita bisa memperkecil kemungkinan kita melakukan kesalahan. Semoga aku masih bisa terus belajar.

Kembali kepada hati. Menurutku Hati juga merupakan salah satu indra manusia, tapi gak tau keberapa. Indra yang digunakan manusia untuk mengambil tindakan. Contohnya kalau kita melakukan sesuatu yang ragu-ragu dalam hati kita belum mantap, kita tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Beliau menjelaskan bahwa Rosulullah pernah menyarankan seorang sahabat ketika mengalami keraguan atau menghadapi pilihan untuk menjadikan hatinya sebagai petunjuk. Hati akan peka untuk memilih. Tapi jangan berpendapat semua hati yang menentukan, hal ini dilakukan ketika sudah melakukan pertimbangan. Karena hati yang bersih akan menunjukan kebenaran.

Bagaimana membersihkan hati yang berkarat? Bacalah Alqur’an dan ingatlah mati. Tapi jangan menginginkan atau berharap akan kematian. Hanya mengingat mati untuk kita selalu berdzikir kepada sang pencipta. Semoga kita termasuk hamba Nya yang selalu menjaga hati dan mendapat hidayahnya.

Maaf apabila ada kesalahan kata, wassalamu’alaikum wr.wb…

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

