Penjelasan Singkat Tentang Sifat Mekanik Logam

Banyak material, dalam penggunaanya selalu bersinggungan dengan gaya dan beban. Misalnya paduan aluminium pada velg mobil, baja pengerasan permukaan pada poros, piston, gigi sprocket, pegas, frame dan lain sebagainya. Penting kiranya, kita mengetahui karakteristik material yang dipakai untuk komponen otomotif tersebut.

Ilustrasi dari mytravelinsight.wordpress.com

Komponen didesain dari material yang memiliki kekuatan yang sesuai untuk menghindari deformasi atau patah. Subjek keilmuan prilaku mekanik material adalah jawaban yang tepat untuk mempelajari hubungan antara respon material (deformasi) ketika dikenai gaya atau pembebanan.

Sifat mekanik yang dikunci dalam desain suatu komponen antara lain: kekakuan, kekuatan, kekerasan, keuletan, dan ketangguhan.

Pada skala lab atau desain oleh Research & Development Department, perhitungan desain dilakukan secara seksama dengan mempertimbangkan semua aspek yang dapat mempengaruhi kinerja komponen tersebut. Factor tersebut biasanya dimasukkan pada savety factor yang merupakan jenis beban, waktu, dan keadaan lingkungan. Pembebanan yang mengenai komponen juga harus diperhitungkan, termasuk dinamis atau statis. Bagaimana temperature dan gesekan yang terjadi.

Sifat mekanik material sangat berguna bagi banyak pihak, antara lain: produsen otomotif, kontraktor, produsen pesawat dan kapal laut, konsumen besi baja structural, dan organisasi research. Mereka semua memiliki ketertarikan dan kecenderungan masing-masing. Oleh karena itu, metode pengetesan sifat mekanik distandarisasi untuk menjaga konsistensi nilai, pembacaan, dan kesamaan persepsi. Standar Amerika ada ASTM (American Society for Testing and Materials). Standar Jepang ada JIS (Japanese Industrial Standard). Standar Jerman DIN (Deutsches Institut fur Normung). Dan di eropa ada EN (European Standard). Entah kapan SNI (Standard Nasional Indonesia) juga mengatur tentang ini.

Skill Map Seorang Materials Engineers

Sebagai materials engineer, kita harus mampu mendefirnisikan jenis tegangan dan distribusi tegangan ketika material dikenai beban. Juga harus bisa membandingkan antara analisis matematis teoritis dan hasil eksperimental testing. Penting juga tahu bagaimana pengaruh struktur mikro material terhadap sifat mekaniknya.

Semoga bermanfaat

Sumber:

Callister, William D dan David G Rethwisch. 2010. Materials Science and Engineering an Introduction 8th Edition. USA: John Wiley & Sons

Advertisements

3 thoughts on “Penjelasan Singkat Tentang Sifat Mekanik Logam

    1. Hm.. belum bisa move on dari kenangan di sydney yaa mbak? Tp it’s OK. Memang how amazing it is sih. Semoga kesampean kesana lagi atau bagi yg belum pernah kek saya begini bisa nyamperin bener kesana. Aamiin.

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s