Satpamku juga manusia

Ada banyak orang menyepelekan tugas satpam. Pekerjaan yang dianggap remeh orang kebanyakan. Aku begitu marah pada mereka yang menganggap remeh satpam. Mereka kan juga manusia. Aku selalu ternyuh pada senyum lugu mereka. Ketika mempersilahkanku keluar dan masuk pabrik. Kadang kudapati mereka dalam kerundungan pilu yang amat dalam. Pekerjaan mereka berat. Harus berangkat pagi. Kadang shift… Read More Satpamku juga manusia

Lagu Barat yang Mesum

Berangkat dari kemirisan pribadi. Mencoba mencerna-cerna lagu-lagu yang dinyanyikan anak bangsa. Ngetren katanya. Gaul katanya. Menenangkan katanya. Bikin adem dipikiran dan fresh kembali. Bikin bisa bahasa asing. Status di masyarakat jadi naik. Ketika kita bisa bahasa asing dan bahkan fasih dalam menyanyikan-nya. Boleh sih, tapi coba tilik lagi deh. Sebelum apa-apa, pikir dulu deh. Apa… Read More Lagu Barat yang Mesum

Metode-Metode dalam Bertani: Konvensional, Hidroponik, dan Aeroponik dengan Pendekatan Organik atau Kimiawi

Setelah berbicara panjang lebar mengenai pedekatan konsep bertani ala Organik dan Kimiawi. Konsep tani organik dan kimiawi secara lengkap telah ditulis dalam artikel sebelumnya. Sekarang, mari menilik lebih jauh tentang konsep bertani. Banyak orang menganggap bertanam konvensional identik dengan bahan kimia dan tidak higienis. Dan memilih bertanam modern ala hidroponik atau aeroponik. Dan secara serta… Read More Metode-Metode dalam Bertani: Konvensional, Hidroponik, dan Aeroponik dengan Pendekatan Organik atau Kimiawi

Sudahkah Tanamanmu Layak Dilabeli Organik?

Beberapa tahun belakangan, Indonesia sedang hangat issue tentang sayur dan buah organik. Trend konsumsi bahan pangan organik meningkat pesat. Hal ini dipicu oleh paradigma masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya kesehatan. Mereka bilang, sayur organik lebih menyehatkan. Bebas bahan kimia, pestisida kimia, pupuk kimia, dll. Pemahaman ini tentu saja baik. Tetapi apakah benar, pertanian 100%… Read More Sudahkah Tanamanmu Layak Dilabeli Organik?

Ketika Cita Berada Di Persimpangan

Dahulu sekali aku pernah bermimpi jauh. Tetapi kadang langkah itu kadang terhenti oleh sejenak rasa pilu dalam hati. Pantaskah diri ini meminta pengharapan lagi pada tuhan? Sedangkan sudah sebanyak ini nikmat yg Tuhan berikan padaku. Ini mungkin semacam dialektika cinta yg indah antara hamba dengan Pencipta. Dimana Dia bilang, berdoalah kepadaKu, niscaya akan aku kabulkan.… Read More Ketika Cita Berada Di Persimpangan

Niat

Niat: menyengaja untuk menentukan tujuan dari suatu pekerjaan. Terdapat beberapa jenis niat, antara lain: Pertama, niat belajar untuk menambah ilmu diri sendiri (in) Otak itu memiliki batasan. Manusia serba terbatas. Islam tak tuntunkan ini. Contoh: belajar biar pintar, belajar agar dapat mengetahui banyak hal, belajar biar berilmu. Kedua, niat belajar untuk mengejar tujuan yang lain… Read More Niat